Yuk Kenali, Apa itu Hardware

Hardware adalah perangkat keras komputer, berbentuk fisik. Hardware, bisa disentuh, dilihat dan diraba secara langsung. Karena ia merupakan bagian penting dari komponen komputer, yang mempunyai peran dan fungsi berbeda-beda.

Namun, ketika ada salah satu komponen hardware tidak berfungsi maksimal, maka akan berakibat fatal. Bahkan, bukan tidak mungkin membuat komputer tidak menyala secara sempurna. Minimal memaksa pengguna beralih menggunakan komponen lain.

Baca juga :

Contohnya, saat mouse tidak lagi bekerja dengan baik, salah satu alternatif yang bisa digunakan adalah keyboard. Tetapi tidak semua orang bisa memahaminya, apalagi seorang pemula. Sebab, harus menggunakan cara khusus untuk memerintahkan perangkat input utama komputer ini.

Oleh karenanya, ketika komputer tersebut mengalami gangguan atau masalah secara tiba-tiba, segera lah berkonsultasi dengan orang-orang yang memang paham dibidang ini. Terutama untuk menyelamatkan data-data yang belum sempat digunakan sebelumnya.

Karena masalah yang sering muncul pada komputer termasuk laptop, bukan hanya bisa disebabkan oleh hardware. Tetapi, bisa juga terjadi di software (perangkat lunak) yang kita miliki. (***)

Berikut Komponen Hardware yang harus diketahui :

1.Case
2.Power Supply
3.Motherboard
4.CPU (Central Processing Unit)
5.Hard Disk Drive (HDD) dan Solid State Drive (SSD)
6.Expansion Card
7.Peripheral