Wabup Belitung Nilai Sosialisasi Pengawasan Keimigrasian dan Tim PORA Positif

//Minta Lurah dan Kades Transfer Ilmu Keimigrasian ke RT-RT
//Eko : Tim PORA Dapat Meminimalisir Isu Pelanggaran Orang Asing

BELITUNG – Wakil Bupati (Wabup) Belitung Isyak Meirobie menilai, Sosialisasi Pengawasan Keimigrasian dan Tim PORA Tahun 2019 yang dilakukan Kantor Imigrasi (Kanim) Kelas II TPI Tanjungpandan di Wilayah Kabupaten Belitung sangat positif. Menurut Wabup, sosialisasi bukan hanya soal kewajiban, tetapi inisiasinya bagus.

“Karena Belitung ini kan gerbangnya sudah dibuka lebar-lebar. Jendelanya dibuka lebar-lebar. Jadi wisawatan asing, pekerja asing, profesional dari asing juga bisa masuk dengan berbagai cara dan upaya,” kata Isyak Meirobie kepada dunieusaha.com, di Restoran Pandan House Belitung, Kamis (14/3) pagi, usai membuka kegiatan sosialisasi.

Baca juga :

Politisi Partai NasDem itu menjelaskan, tujuan kegiatan ini sebenarnya supaya organisasi perangkat daerah (OPD) dan aparat pemerintah daerah, semua bersinergi. Mereka berintegrasi untuk bisa memperkuat deteksi dini. Kira-kira, keberadaan orang asing itu sudah memenuhi syarat atau tidak. Apalagi sampai menetap.

“Kemudian, bagaimana aturan yang melekat, sudah terlaksana atau belum. Untuk itu, saya mengapresiasi Pak Kadiv dan Pak Kakanim Kelas II TPI Tanjungpandan. Pemda akan support full,” ucapnya.

Isyak Meirobie mengatakan, kita jangan hanya bicara sebuah semangat untuk mendatangkan orang asing ke Belitung. Namun, persiapan yang lain-lainnya juga harus diberlakukan. Seperti infrastruktur, sarana dan prasana lainnya. Serta, bagaimana secara sistematis mengendalikan dan mengawasinya.

“Deteksi dini sangat penting, jangan nanti sudah datang puluhan ribu orang, menyebar dimana-mana bekerja, masyarakat ribut. Mereka merasa tersisihkan, termajinalkan. Karena itu, pemahaman ini harus disampaikan oleh Bu Lurah, Pak Lurah, Pak Kades dimana-mana, melalui RT-RT. Jangan tahu, tapi hanya diam sendiri, harus disampaikan ke bawah,” pesan Wabup Belitung.

Halaman selanjutnya