Update 6 Juni 2020 : RSUD Belitung Rawat 9 Pasien Positif Covid-19, 16 OTG Rapid Test Reaktif dan 1 PDP

Dr Hendra SpAn

BELITUNG – Jumlah pasien positif Covid-19 di Kabuaten Belitung bertamah satu lagi. Sehingga total pasien positif Covid-19 yang sedang dirawat di RSUD dr H Marsidi Judono Kabupaten Belitung, pertanggal 6 Juli 2020 sebanyak sembilan orang.

“Pasien positif Covid-19 yang ditemukan pada pemeriksaan uji PCR swab tenggorokan hari ini adalah pasien 1112. Yang bersangkutan adalah Istri dari pasien positif Covid-19, yaitu pasien 1024,” kata Direktur RSUD dr H Marsidi Judono Kabupaten Belitung, dr Hendra SpAn, Sabtu (6/6/2020).

Menurut Direktur RSUD Belitung, pasien 1112 pertama kali datang ke Pusat Deteksi dan Isolasi RSUD dr H Marsidi Judono Kabupaten Belitung, pada Tanggal 4 Juni 2020 untuk dilakukan pemeriksaan rapid test. Hasilnya adalah reaktif. Karena itu pasien 1112 tersebut langsung disolasi di Bangsai Isolasi D RSUD dr H Marsidi Judono Kabupaten Belitung.

Baca juga :

“Dengan bertambahnya jumlah tersebut, total pasien pasien positif Covid-19 yang ditemukan, dirawat, dan diisolasi oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Belitung RSUD dr H Marsidi Judono Kabupaten Belitung menjadi 14 orang. Dengan rincian lima pasien sudah sembuh dan sembilan pasien yang sedang menjalani perawatan,” ungkapnya.

dr Hendra SpAn mengatakan, selain merawat sembilan pasien positif tersebut, saat ini RSUD dr H Marsidi Judono Kabupaten Belitung juga sedang merawat 16 OTG dengan rapid test reaktif dan 1 PDP. Sehingga total pasien yang diisolasi terkait kasus Covid-19 berjumlah 26 orang yang tersebar di Isolasi A, B, C dan D.

“Kepada teman, keluarga, tetangga, temah kerja yang dirasa pernah berinteraksi, kontak, bertemu dalam jarak dekat, berada dalam suatu ruangan dengan sembilan pasien positif Covid-19 tersebut, kami mohon untuk segera memeriksakan diri ke Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Belitung atau Kabupaten Belitung Timur. Sehingga mendapatkan pemeriksaaan sesuai protap yang berlaku, guna deteksi dini dan percepatan penanganan Covid-19,” pesannya.

“Sebab, Pusat Deteksi Covid-19 RSUD dr H Marsidi Judono akan terus melakukan pemeriksaan rapid test terhadap OTG-OTG hasil tracing pasien positif Covid-19 setiap hari meskipun hari libur. Dengan jadwal pagi, pukul 10.00 sampai dengan 12.00 WIB dan sore, pukul 15.00 sd 17.00 WIB. Sedangkan untuk pemeriksaan uji PCR dengan Alat Real Time PCR TCM Gen Expert, jadwal pemeriksaannya menyesuaikan,” pungkasnya. (iwan)