Tingkatkan Skill Pekerja yang Terdampak Covid-19, DKUKMPTK Belitung Bakal Gelar Berbagai Pelatihan

BELITUNG – Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Perdagangan dan Tenaga Kerja (DKUKMPTK) Kabupaten Belitung kembali melakukan berbagai kegiatan untuk meningkatkan keterampilan (skill) pekerja dirumahkan atau ter-PHK di Kabupaten Belitung.

Kegiatan berupa pelatihan tersebut akan digelar melalui Program Peningkatan Kapasitas Berbasis Masyarakat. Yaitu, Pelatihan Membuat Masakan dan Kue Tradisional, Pelatihan Bahasa Inggris Pariwisata, Pelatihan Tenaga Listrik Instalasi Surya Sederhana, Pelatihan Desain Label dan Kemasan Produk, Pelatihan Pembuatan Video dan Konten Youtube, Pelatihan Teknisi Baja Ringan Dasar, Pembuatan Masker Rajut dan Aksesorisnya dan Pelatihan Pelayanan Restoran (Pramusaji).

Kabid Tenaga Kerja DKUKMPTK Kabupaten Belitung, Budi Swasta atas seizin Kadis KUKMPTK (Adnizar,SH) mengatakan sebanyak 107 peserta sudah mendaftarkan diri untuk mengikuti Program Peningkatan Kapasitas Berbasis Masyarakat tersebut. Jumlah tersebut merupakan update akhir yang ia terima pada hari Senin 26 Oktober 2020, Pukul 10.00 WIB.

Rinciannya adalah, pelatihan masak dan kue tradisional sebanyak 20 orang. Pendaftar pelatihan teknisi baja ringan dasar sebanyak 12 orang. Pendaftar pelatihan video dan konten YouTube sebanyak 18 orang. Pendaftar pelatihan masker rajut dan aksesoris sebanyak 10 orang dan pendaftar pelatihan desain lable dan kemasan produk sebanyak 14 orang.

Sedangan peserta yang mendaftar untuk pelatihan tenaga listrik instalasi surya sederhana sebanyak 13 orang. Pendaftar pelatihan bahasa Inggris pariwisata sebanyak 12 orang dan pendaftar pelatihan pelayanan restoran (pramusaji) sebanyak 8 orang.

“Untuk penerimaan berkas pendaftaran sudah kita mulai sejak tanggal 16-23 Oktober 2020. Namun, karena jumlah setiap pelatihan itu harus lebih dari 16 peserta, jadi untuk pendaftaran dan penerimaan berkas kita perpanjang sampai tanggal 27 Oktober 2020,” kata Budi Swasta, Senin (26/10/2020).

Kabid Tenaga Kerja DKUKMPTK Kabupaten Belitung menjelaskan, penerimaan pendaftaran untuk pelatihan ini dibuka sebanyak-banyak. Tetapi, setiap paket pelatihan akan diterima sebanyak 16 peserta, sesuai standar dari pusat.

Namun, misalnya dalam pendaftaran ini lebih dari 16 peserta, maka akan dilakukan seleksi tertulis dan wawancara sesuai tanggal yang telah ditentukan. Yaitu, jadwal seleksi tertulis dan wawancara tanggal 2 hingga 3 NoVember 2020. Sedangkan pengumuman hasil seleksi tanggal 9 November 2020 dan pelaksanaan pelatihan tanggal 16 hingga 26 November 2020.
Lantas untuk ppelatihannya, akan dilakukan serentak dan disebar di LPKS yang ditunjuk sesuai standar SKKNI.

“Untuk pelatihan ini sebenarnya sudah kami sampaikan juga kepada pimpinan perusahaan atau HRD, agar mereka menginformasikan kegiatan pelatihan kepada pekerja yang dirumahkan atau ter-PHK akibat dampak pandemi Covid-19.”

“Caranya mudah, mereka mendaftarkan diri langsung ke dinas KUMPTK¬† Belitung dengan membawa persyaratan. Diantaranya¬†foto kopi KTP, surat keterangan dirumahkan atau PHK dari perusahaan dan mengisi formulir saat pendaftaran. Pada saat mendaftar peserta juga diwajibkan berpenampilan rapi dan mengikuti protokol kesehatan 4M (mencuci tangan, menggunakan masker, menjaga jarak dan mengukur suhu tubuh,”) pungkasnya. (iwan)