Terobosan Wisata ‘Ala’ Kejari Belitung

//Tampilkan Kerajinan Tradisional Khas Belitong

BELITUNG – Kejaksaan Negeri (Kejari) Belitung kembali membuat terobosan baru untuk menguatkan komitmen membangun negeri. Terobosan ini, bernuansa Budaya Belitong, dengan menata ruang tunggu Gedung Kantor Jaksa Belitung.

Wisata Zona Integritas (ZI) Kejari Belitung itu, bertema Belitong Semase Bari’e, yang menggambarkan Belitong tempo doeloe. Sebab, terdapat foto-foto dan berbagai kerajinan tangan tradisional yang dikemas dengan latar belakang tikar daun lais.

Baca juga :

Foto-foto yang disajikan diruang tunggu tersebut adalah bangunan zaman kolonial Belanda dan bangunan rumah masyarakat dulu. Namun, kerajinan tangan tradisional khas Belitong yang ditampilkan, yaitu, karong campang, cundong, cintong, sauki, lumpang dan buto lumpang.

Selain itu, ada pula kerajinan tangan masyarakat setempat lainnya, seperti, ambong pempang, tudong saji, takin (bakul), membarongan (pundok), dan parang.

“Perubahan itu adalah keharusan. Tetapi akan kehilangan makna, apabila perubahan meninggalkan nilai luhur budaya bangsa. Itu lah filosofi WISATA ZI (Zona Integritas) Kejari Belitung yang bertema Belitong semase bari’e atau Belitong tempo doeloe,” kata Kajari Belitung Sekti Anggraini SH, MH kepada dunieusaha.com, Senin (4/2) Sore.

Menurut Sekti Anggraini, menata kantor dengan nuansa ZI dan Budaya Belitung tersebut untuk semakin menguatkan komitmen membangun negeri dengan ikut memajukan Budaya Belitung.

Halaman selanjutnya