Ternyata Penyakit ini Tak Menular, Tapi Lebih Sering Menyerang ‘Emak-Emak’

dr Hendra, SpAn.

BELITUNG – Autoimun adalah penyakit yang terjadi akibat sistem kekebalan tubuh (sistem imun) menyerang sel-sel sehat dalam tubuh. Akibatnya, sistem kekebalan tubuh ada yang eror.

Tubuh manusia dilahirkan dengan seperangkat alat perang bernama sistem kekebalan tubuh atau sistem imun. Fungsinya untuk melawan segala bakteri dan virus yang coba masuk ke tubuh.

Namun, bagi yang mengalami gangguan autoimun, sistem kekebalan tubuh ini justru tidak menyerang penyakit yang datang, malah ikut membunuh jaringan tubuh empunya.

Baca juga :

‘Penyakit Seribu Wajah’ dan ‘Si Peniru Ulung’ adalah julukan yang sering digunakan para ahli medis untuk menggambarkan penyakit Lupus.

“Autoimun ini, bisa menyerang siapa saja. Mulai dari anak-anak sampai dewasa. Namun, pada usia tua lebih sering menyerang wanita dari pada pria,” kata dr Hendra, SpAn kepada dunieusaha.com, Sabtu (9/3) malam.

Menurut Direktur RSUD Belitung itu, pihaknya pernah menangani pasien yang terkena kasus penyakit tersebut. Bahkan, ada dua kasus yang ia ditangani langsung di Ruang ICU.

Halaman selanjutnya