Tahun ini BPN Kabupaten Belitung Bakal Terbitkan 3.600 Sertifikat ‘Gratis’

Sarman P Sagala.

BELITUNG – Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Belitung akan menerbitkan sebanyak 3.600 sertifikat tanah ‘gratis’ untuk masyarakat setempat. Kegiatan ini merupakan pelaksanaan pengukuran dan sertifikasi seluruh bidang tanah tahun anggaran 2021.

“Tahun ini rencana ada penerbitan sebanyak 3.600 sertifikat,” kata Kepala Sub Bagian Tata Usaha, BPN Kabupaten Belitung, Sarman P Sagala kepada dunieusaha.com, Rabu (24/3/2021).

Baca juga :

Menurut Sarman, ribuan sertifikat tersebut nantinya akan disebar di tiga desa yang masuk dalam wilayah administrasi Kabupaten Belitung. Yaitu Desa Air Merbau, Desa Aik Pelempang Jaya dan Desa Air Saga.

“Pendaftarannya sudah dimulai dari awal tahun ini melalui posko pendaftaran tanah sistematis lengkap (PTSL) yang ada di kantor desa masing-masing,” ujarnya.

Kepala Sub Bagian Tata Usaha Kantah Kabupaten Belitung itu menjelaskan, pada program ini pihaknya menerapkan sistem 3 M. Yaitu, mendekat, merapat dan menyeluruh.

“Perlu diketahui, pada program ini pengurusan sertifikat di BPN tidak ada biaya yang dikeluarkan. Walaupun ada itu berupa biaya persiapan yang lagi digodok dalam Raperbup dan pembayaran pajak Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) ke dinas pajak daerah, yang memang ditanggung oleh masyarakat,” jelasnya.

“Biaya persiapan itu mengacu pada surat keputusan bersama (SKB) 3 Menteri. Yaitu Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN, Menteri Dalam Negeri dan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi tentang Pembiayaan PTSL,” tandasnya. (iwan)