Sidak Ke Pasar dan Pusat Pembalanjaan, Wabup Belitung Masih Temui Masyarakat yang Tak Gunakan Masker

BELITUNG – Pemerintah Kabupaten Belitung bersama jajaran Forkopimda melakukan inspeksi mendadak (Sidak) di area Pasar Tanjungpandan dan pusat-pusat pembelanjaan di Kabupaten Belitung. Sidak ini dipimpin langsung oleh Wakil Bupati (Wabup) Belitung, Isyak Meirobie, Senin (11/5/2020).

“Kami melakukan sidak bersama teman-teman Forkopimda ini atas izin Pak Bupati. Tadinya beliau juga mau ikut, namun karena ada hal lain, jadi beliau tidak bisa ikut,” kata Isyak.

Baca juga :

Wabup Belitung mengatakan, Sidak menjelang Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah/2020Masehi ini tidak hanyak mengecek ketersediaan pangan dilapangan, namun juga mengontrol penerapan protokol kesehatan ditengah pandemi Covid-19. Diantaranya jarak antar lapak sama dengan penyediaan tempat cuci tangan dengan air mengalir dan sabun dan antara penjual dan pembeli harus menggunakan masker.

“Namun kunjungan kami tadi hal-hal tersebut masih ada yang belum dipenuhi. Belum lagi memenuhi mengenai protokol kesehatan, bahwa pembukaan lapak tadi itu juga belum dapat ijin pemda sama sekali. Untuk itu besok siang kami akan melakukan rapat di Kantor Bupati untuk akan mengambil langkah-langkah. Intinya pemerintah daerah ingin mengakomodir kepentingan masyarakat untuk mencari uang. Tapi kami juga ingin masyarakat umum kita terlindungi dari Covid-19,” ujarnya.

Menurut Mantan Wakil Ketua DPRD Belitung itu, ketidakpatuhan terhadap penerapan protokol kesehatan juga masih terjadi di supermarket-supermarket. Walaupun ada yang sudah mengenakan pengukur suhu dan menyediakan tempat cuci tangan. Namun masih terdapat pekerja maupun pembeli yang tidak menggunakan masker.

“Jadi ini juga perlu kami ingatkan. Ini demi kepentingan kita bersama sama dan untuk mereka juga. Karena itu sebaiknya sebelum pengunjung masuk ke supermarket harus mencuci tangan. Keluar juga cuci tangan. Sehingga barang-barang yang dipegang itu tetap dalam keadaan steril.”

“Hal-hal ini sudah saya laporkan kepada Pak Bupati melalui telepon. Pak Bupati sudah mengarahkan agar Pak Sekda segera melakukan rapat koordinasi dengan semua pihak. Jangan sampai nanti ada hal-hal yang dilanggar dari sisi protokol kesehatan penanganan Covid-19 ini,” pungkasnya. (iwan)