Sepanjang Tahun 2019 Imigrasi Tanjungpandan Tindak 28 WNA

BELITUNG – Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tanjungpandan melakukan Penegakan Hukum Keimigrasian berupa Tindakan Administratif Keimigrasian (TAK) terhadap 28 orang asing pada tahun 2019.

Berdasarkan data Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tanjungpandan, mulai tanggal 2 Januari sampai dengan 27 November 2019, terdapat 14 warga negara asing (WNA) yang di Deportasi dan 14 WNA lainnya disanksi Pengenaan Biaya Beban (Overstay).

Baca juga :

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tanjungpandan, Dewanto Wisnu Raharjo mengatakan, tahun ini Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tanjungpandan mendeportasi 11 Warga Negara RRC. Alasannya karena tidak melaksanakan kewajiban OA.

Sementara tindakan deportasi terhadap 1 Warga Negara RRC lainnya disebabkan penyalahgunaan izin tinggal oleh WNA tersebut. Dan deportasi terhadap 1 Warga Negara Malaysia dan 1 Warga Taiwan dikarenakan Overstay lebih dari 60 hari.

“Namun kami juga melakukan Penegakan Hukum Keimigrasian Pengenaan Biaya Beban (Overstay) kepada 14 orang asing lainnya. Karena ada 13 Warga Negara RRC dan 1 Warga Negara Swiss yang Overstay kurang dari 60 hari. Jadi totalnya ada 28 orang asing yang kami berikan TAK tahun ini,” kata Dewanto Wisnu Raharjo saat Konferensi Pers Capaian Kinerja 2019, Selasa (3/12) pagi. (iwan)