Sembilan Tim Kabupaten Belitung Ikut Gelar TTG Tingkat Provinsi

//Ismail, Target Kami Setidak-tidaknya Masuk Tiga Besar

BELITUNG – Sebanyak sembilan tim dari empat Kecamatan mewakili Kabupaten Belitung mengikuti Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) Tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Tahun 2019. Kesembilan tim tersebut, berasal dari Kecamatan Tanjungpandan, Kecamatan Sijuk, Kecamatan Badau dan Kecamatan Selat Nasik.

“Dari kesembilan tim itu, saya melihat ada lima tim yang benar-benar ingin mendalami TTG ini. Keseriusan tersebut terlihat sekali saat Tim Penilai menyampaikan pertanyaan pendalaman kepada mereka,” ujar Kasi UEM dan TTG, DPPKBPMD Kabupaten Belitung, Ismail kepada dunieusaha.com, Kamis (25/4) sore.

Baca juga :

Mantan Lurah Pangkallalang ini cukup optimis, diantara kesembilan tim tersebut bisa bersaing dengan kabupaten-kabupaten lain di Provinsi Kepulauan Babel. Target kami setidak-tidaknya ada yang masuk tiga besar. Sehingga, Kabupaten Belitung bisa mengikuti Lomba TTG Tingkat Nasional tahun ini, di Bengkulu.

“Tadi juri dari provinsi juga sudah memberikan masukan-masukan, supaya dilakukan penyempurnaan-penyempurnaan. Termasuk, menanyakan apakah alat-alat yang dibuat oleh pelajar dan masyarakat kita ini, telah dimanfaatkan oleh-oleh warga. Jawabannya sudah ada, salah satunya alat pencacah ikan. Alat ini untuk memberi makan ikan kerapu di budidaya jaring apung. Dalam satu menit bisa mencacah sebanyak tiga kilogram,” ucapnya.

Ismail mengatakan, soal sumber daya manusia (SDM), tidak kalah dari daerah lain. Khusus untuk gelar TTG ini. Bahkan, tim juri mengakui, Kabupaten Belitung termasuk yang sering diandalkan oleh mereka. Mulai dari ide, kreatifitas hingga inovasinya.

“TTG tingkat provinsi Tahun 2018, kita berada diperingkat kelima. Tetapi tahun kemarin mereka mengambilnya sampai peringkat keenam. Sedangkan yang dikirim untuk ikut ke tingkat Nasional, peringkat satu sampai tiga. Untuk itu kita target tahun ini bisa masuk tiga besar,” pungkasnya. (iwan)