Sekti Anggraini Minta Jajarannya Jaga Netralitas

BELITUNG – Kajari Belitung Sekti Anggraini, SH, MH meminta seluruh jajarannya menjaga netralitas dalam Pemilu Legislatif dan Presiden tahun 2019. Jaksa harus berkomitmen dan bekerja secara optimal melaksanakan tugasnya dengan profesional. Tidak terpancing atau mengikuti hal-hal yang mengarah ketidaknetralan dalam suasana menjelang Pileg dan Pilpres tahun ini.

“Saya harap teman-teman Jaksa pada Kejari Belitung memberikan contoh yang baik pada masyarakat Belitung untuk mensukseskan pemilu dan taat aturan. Sehingga pesta demokrasi dapat berjalan lancar dan kondusif,” pesan Sekti kepada dunieusaha.com, Jum’at (8/3) siang.

Baca juga :

Menurut Sekti, Kejaksaan mempunyai tugas dan fungsi yang strategis untuk mendukung jalannya pemilu serentak 2019 melalui tugas dan fungsi bidang Intelijen. Yaitu, pengamanan pemilu serta membuat posko pemilu terbuka untuk masyarakat di kantor Kejaksaan.

“Bidang Tindak Pidana Umum berkaitan dengan penanganan tindak pidana pemilihan. Kami, bersama Gakkumdu bersinergi dengan Bawaslu dan Polri, serta bidang Perdata dan Tata Usaha Negara selaku Jaksa Pengacara Negara. Kita juga siap untuk mewakili kepentingan negara, apabila terjadi perselisihan penetapan hasil penghitungan suara di MK atau gugatan keperdataan serta PTUN,” tandasnya.

Wanita Kelahiran Surabaya ini menegaskan, untuk menjamin efektifitas pelaksanaan tugas tersebut dan selaku ASN yang bertugas sebagai aparat penegak hukum, kejaksaan tetap diwajibkan untuk netral. Ini berlaku terhadap seluruh pegawai. Walaupun Jaksa diperkenankan mempergunakan hak pilihnya, disisi lain juga diamanatkan menjaga kondusifitas di daerah hukumnya masing-masing.

“Saya tegaskan, tidak ada kepentingan apa pun selain melaksanakan tugas dan menjaga kewibawaan serta kepentingan negara atau pemerintah. Sebab, kami juga diperintahkan siaga menghadapi Pileg dan Pilpres, meliputi segala aspek hukum sampai dengan selesainya proses pemilihan tersebut,” pungkasnya. (rel)