Sekti Anggraini Bangun Pondasi Yang Kokoh

//Selama 17 Bulan Bertugas di Negeri Laskar Pelangi
Sekti Anggraini

BELITUNG – Kejaksaan Negeri Belitung telah membangun pondasi yang kokoh dalam 17 bulan terakhir. Upaya peningkatan kualitas, menjaga integritas, mengajak Jaksa menjadi lebih inovatif dan kreatif dilakukan Sekti Anggraini SH, MH selaku pimpinan.

Sejak dilantik sebagai Kepala Kejaksaan Negeri Belitung 25 Juli 2017 lalu, Sekti Anggraini SH, MH melakukan perubahan demi perubahan. Mulai menerapkan sistem e-Office, hingga menyulap Eks. Mess Jaksa Belitung menjadi Gedung Adhyaksa Prima.

Korps Adhyaksa memberikan angin segar untuk Negeri Laskar Pelangi. Menugaskan Sekti Anggraini SH, MH suatu anugerah bagi masyarakat setempat. Bagaimana mana tidak, wanita kelahiran Surabaya ini membuat berbagai terobosan yang inovatif.

Jangan jauh-jauh melihatnya, menghadirkan Gedung Adhyaksa Prima, sudah membantu masyarakat. Sebab, warga bisa berkonsultasi dan belajar banyak tentang hukum di sini. Malah lebih dipermudah lagi dengan menyediakan sistem e-Office.

Membuat sistem e-Office ini bukan semata-mata untuk meningkatkan profesionalisme dan membuat Jaksa menjadi modern. Namun, juga mengangkat kearifan lokal Pulau Belitung. Karena, nama-nama yang digunakan khas Negeri Laskar Pelangi.

Misalnya, aplikasi sistem laporan dan administrasi berbasis IT disingkat Simpor. Simpor adalah sejenis daun yang biasa digunakan masyarakat Belitung sebagai pembungkus alami. Kegunaan aplikasi ini mulai dari buku tamu elektronik, persuratan, penanganan perkara dan barang bukti, bank data sampai kepegawaian. Semuanya sudah masuk dalam sistem ini.

Hal yang sama juga untuk penamaan Teknologi Administrasi Tindak Pidana Khusus Berbasis IT (Tarsius). Tarsius adalah hewan endemik langka khas Belitung. Aplikasi ini dirancang untuk interaksi dan memberikan petunjuk langsung kepada tim Pidana Khusus Kejaksaan Negeri Belitung.

Karena pola kerja sistem tersebut, hanya untuk Kepala Kejaksaan Negeri Belitung dan tim Pidana Khusus. Jadi, Kepala Kejaksaan Negeri bisa ikut serta dalam pembuatan BAP tanpa diketahui terperiksa, karena telah berbasis online.

Tak hanya itu, Sekti Anggraini SH, MH juga memberikan kemudahan lainnya. Masyarakat dimanjakan untuk memperoleh informasi, mendapatkan pelayanan prima dan melakukan komunikasi secara langsung. Sebab, Kejaksaan Negeri Belitung menyediakan sarana khusus berbasis yang online dan bertatap langsung.

Salah Satunya informasi TP4D. Masyarakat bisa mengunjung website kejari-belitung.go.id/. Begitu pun untuk komunikasi secara online, bisa melalui Website, Medsos, Facebook, Instagram, Twitter dan Whatsapp.

Jika ingin mendapatkan pelayanan prima gratis dan melakukan komunikasi secara langsung, bisa dilakukan di Gedung Adhyaksa Prima. Di gedung ini tersedia Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) dan ada juga aplikasi PTSP. Sehingga, masyarakat bisa mendapatkan pelayanan prima dalam waktu yang tidak lama.

Namun, mengedepankan perubahan dan inovasi, bukan berarti membuat Sekti Anggraini SH, MH tak lantang menegakkan hukum. Justru, sebaliknya. Cukup banyak kasus hukum yang diselesaikan, menyeret pejabat ke jeruji besi, hingga pengembalian uang negara pada kasus korupsi.

Tak salah, jika diakhir tahun 2018 kemarin, Kejaksaan Negeri Belitung diganjar dua prestasi tingkat nasional sekaligus. Pertama mendapatkan Penghargaan Shiddakarya. Kedua Meraih Penghargaan WBK-WBBM 2018 dari Menpan RB.

Kepada dunieusaha.com, Sekti Anggraini SH, MH menjelaskan, untuk kedepan, Kejaksaan Negeri Belitung tetap akan meningkatkan kualitas. Terutama dalam pelaksanaan tugas dan fungsi penegakan hukum. Tentunya, yang bersifat edukatif, preventif baru, represif serta meningkatkan kualitas pelayanan publik. Khususnya, demi masyarakat Belitung.

“Kami ingin masyarakat Belitung semakin memahami bahwa kehadiran kami di Belitung. Salah satunya adalah untuk membantu Pemda Belitung. Yaitu, mendorong pelaksanaan pembangunan dan ikut berupaya meningkatkan potensi Belitung. Sehingga, menjadi kabupaten yang semakin maju. Sebab, dampaknya pasti akan berimbas pada kesejahteraan masyarakatnya,” kata Sekti Anggraini SH, MH. (rel)