Sekda Belitung, Besaran Zakat Fitrah 2021 Sama Seperti Tahun Lalu

MZ Hendra Caya.

BELITUNG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung telah menetapkan besaran zakat fitrah tahun 1442 Hijriah atau 2021 Masehi. Hal ini disampaikan Sekda Kabupaten Belitung, MZ Hendra Caya, Jum’at (30/4/2021).

Menurut Hendra sapaan akrab Sekda Kabupaten Belitung, besaran zakat fitrah tahun ini sama seperti tahun sebelumnya. Yaitu sebesar Rp32.500 atau 2,5Kg Beras/Jiwa.

Baca juga :

“Penetapan besaran zakat fitra ini berdasarkan hasil Keputusan rapat bersama Pemkab Belitung, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Belitung, Ormas Islam dan Dinas/Instansi/Lembaga terkait pada hari Jum’at tanggal 9 April 2021 pukul 08.30 WIB, di Ruang Rapat Bupati Belitung,” kata Hendra.

Menurut Mantan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga itu, hasil penetapan besaran zakat fitra tersebut juga disebarkan melalui surat edaran Bupati Belitung Nomor : 451.12/594/II/2021 tentang Zakat Fitrah dan Fidyah Tahun 1442H/202M. Surat edaran tersebut ditujukan kepada Camat, Lurah/Kades dan Pengurus Masjid/Surau/Musholla se-Kabupaten Belitung.

“Perhitungan nilai uangnya didasarkan pada harga beras dipasaran dalam wilayah Kabupaten Belitung. Yaitu sebesar Rp13.000/Kg. Namun, bagi yang mengkonsumsi beras dengan harga diatas atau dibawah harga Rp13.000/Kg tersebut, wajib mengeluarkan zakat fitrah sesuai dengan beras yang dikonsumsi yang bersangkutan,” pesan Hendra.

Sekda juga berpesan agar pengurus unit pengumpul zakat (UPZ) dalam melaksanakan pengumpulan dan penyaluran zakat, senantiasa mengikuti protokol kesehatan penanganan covid-19 yang telah dikeluarkan pemerintah. (iwan)