Sah, Kantor Imigrasi Tanjungpandan Sandang Predikat WBBM

BELITUNG – Prestasi membanggakan ditorehkan Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tanjungpandan dipenghujung tahun 2020. Pasalnnya, Satuankerja dibawah Kementerian Hukum dan HAM Kepulauan Bangka Belitung tersebut berhasil menyabet predikat Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

Acara apresiasi dan penganugerahan zona integritas menuju WBK-WBBM dilaksanakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenpanRB) secara virtual, Senin (21/12/2020). Kegiatan yang bertempat di Hotel Fairmont, Jakarta tersebut digelar secara terbatas dengan tetapmenerapkan protokol kesehatan.

Dalam acara itu, sejumlah menteri dan pimpinan lembaga ikut hadir. Sementara, Wakil Presiden Republik Indonesia, KH Ma’ruf Amin hadir terpisah secara virtual.

Dalam sambutannya, KH Ma’ruf Amin mengatakan, Reformasi Birokrasi merupakan pilar penentu tercapainya Visi Indonesia Maju. Keberhasilan Reformasi Birokrasi tersebut harus didukung dengan upaya yang serius dalam membangun zona integritas WBK-WBBM.

“Selamat kepada para peraih penghargaan. Semoga prestasi ini terus dipertahankan dan menjadi inspirasi bagi unit kerja yang lain,” ucap KH Ma’ruf Amin.

Senada, Plt. Deputi Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas dan Pengawasan Kementerian PAN RB, Jufri Rahman mengatakan, WBBM merupakan predikat prestisius yang diberikan oleh pemerintah melalui KemenpanRB atas keberhasilan instansi pemerintah dalam membangun zona integritas melalui berbagai aspek area perubahan.

Lantas, untuk layak mendapatkan predikat ini, unit kerja harus memiliki berbagai inovasi pelayanan yang berdampak langsung bagi kemudahan pelayanan yang diterima masyarakat. Karena itu seleksi ketat dan panjang dilakukan KemenpanRB sejak awal tahun. Pada tahun 2020 ini setidaknya terdapat 3.691 unit kerja yang diusulkan ke Tim Penilai Nasional KemenpanRB.

“Kemudian yang lolos ketahap evaluasi TPN ada 2.570 unit kerja. Terakhir, yang menjadi pemenang penghargaan ada sejumlah 763 unit kerja dengan rincian 681 untuk WBK dan 82 untuk WBBM,” jelas Jufri Rahman.

Sementara itu, bagi Kantor Imigrasi Tanjungpandan, perolehan predikat WBBM pada tahun ini merupakan prestasi yang sangat membanggakan. Sebab cukup banyak percepatan perubahan yang dilakukan. Termasuk tahun lalu saat pertama kali, unit kerja dibawah kepemimpinan Dewanto Wisnu Raharjo tersebut meraih predikat WBK.

Kepala Kantor Imigrasi (Kakanim) Tanjungpandan, Dewanto Wisnu Raharjo menjelaskan, prestasi ini tidak akan hadir begitu saja tanpa melalui perjuangan yang panjang. Karena itu, berbagai upaya perubahan banyak dilakukan, termasuk sektor yang berorientasi pada kemudahan pelayanan bagi masyarakat.

“Kita punya 24 inovasi pelayanan, 4 diantaranya inovasi unggulan. Salah satunya inovasi pelayanan paspor di pulau sekitar Belitung, namanya Mendanau, Melayani Antar Desa dan Pulau,” jelas Kakanim Tanjungpandan yang menyebut inovasi Mendanau tersebut mendapat apresiasi positif saat proses penilaian WBBM.

Kakanim Tanjungpandan berharap, mudah-mudahan Kantor Imigrasi Tanjungpandan semakin termotivasi untuk lebih baik lagi pasca diraihnya predikat WBBM ini. Sebabperaih penghargaan WBK/WBBM merupakan unit percontohan.

“Alhamdulillah. Selanjutnya, kami akan terus berupaya menularkan virus perubahan ini,” pungkas Wisnu, sapaan akrab Kakanim Tanjungpandan. (rel/imigrasi)