Safari Ramadan di Desa Suak Gual, Ini Pesan Bupati Belitung

BELITUNG – Bupati Belitung, Sahani Saleh melaksanakan safari ramadan di Masjid Al Mukmin Desa Suak Gual, Kecamatan Selat Nasik, Kabupaten Belitung, Kamis (15/4/2021).

Pada kegiatan tersebut Bupati didampingi Sekda Kabupaten Belitung MZ Hendra Caya, Asisten I Setda Kabupaten Belitung Bakri Hauriansyah, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Belitung Robbert Harison.

Baca juga :

Hadir juga, Kapolsek Selat Nasik Iptu Trisno, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Belitung H Masdar Nawawi dan sejumlah pejabat lainnya.

Bupati Belitung mengatakan, safari ramadan ini merupakan yang pertama diselenggarakan Pemkab Belitung dan langsung menunjuk Desa Suak Gual sebagai tempatnya.

“Karena itu pada kesempatan ini kami ingin menyampaikan amanah dari Menteri Perikanan, bahwa Desa Suak Gual merupakan desa binaan dibawah Kementerian Perikanan. Yang mana sebelumnya sudah diresmikan oleh Menteri KKP, Desa Suak Gual sebagai kampung nelayan,” kata Sanem sapaan akrab Bupati Belitung.

Sanem juga menyampaikan, bahwa Belitung terpilih sebagai Unesco Global Geopark (UGG). Karena itu ia mengajak semua pihak menjaga kelestarian alam dan tidak membuang sampah sembarangan. Termasuk mencari ikan dengan cara yang ramah, tidak dengan membom atau hal-hal yang dapat merusak terumbu karang.

“Kami juga meminta, (supaya) berbagai aparat desa memperhatikan hal ini. Termasuk peran dari masyarakat tentunya. Sebab, (Kecamatan) Selat Nasik ini juga ditetapkan sebagai kawasan pedesaan prioritas nasional (KPPN).

“Hal ini tentunya banyak yang akan dikembang. Untuk itu masyarakat harus menjaga Selat Nasik ini, agar tetap aman tentram damai. Karena kalau tidak kondusif mana ada orang mau datang kesini lebih-lebih berinvestasi,” pesannya. (iwan/prokopim)