Permudah Pelayanan, KPPN Tanjungpandan Terapkan Aplikasi eSPM

//Efektifnya Tanggal 27 April 2020

BELITUNG – KPPN Tanjungpandan menerapkan Aplikasi eSPM dalam rangka penyempurnaan pelaksanaan penyampaian dokumen secara elektronik dan kontinuitas proses bisnis. Aplikasi berbasis web ini bakal digunakan sebagai sarana penyampaian ADK SPM.

Kepala KPPN Tanjungpandan, Yessy Silvia Maharini mengatakan penggunaan Aplikasi eSPM tersebut akan diberlakukan secara efektif pada tanggal 27 April 2020. Namun terkait dengan persiapan implementasi eSPM, pada tanggal 23 April 2020 KPPN Tanjungpandan melakukan sosialisasi implementasi eSPM kepada seluruh satkermitra kerjanya.

Baca juga :

“Kegiatan sosialisasi telah dilakukan melalui media video conference Layanan Istimewa (LaIs) dengan Aplikasi zoom meeting. Karena itu, saya apresiasi kepada seluruh jajaran KPA serta pengelola keuangan yang turut hadir,” kata Yessy dalam keterangan realesenya, Kamis (23/4/2020) malam.

Yessy menjelaskan, pembangunan Aplikasi eSPM dikarenakan terdapat perubahan dalam pelaksanaan layanan pada KPPN selama masa darurat COVID-19. Yaitu mentiadakan layanan secara tatap muka. Sehingga pengiriman dokumen tagihan dilakukan secara elektronik melalui email.

“Mekanisme pengiriman SPM saat ini dilakukan dengan sarana elektronik melalui email satker yang sudah terdaftar di KPPN. Namun, selanjutnya, proses yang ada disempurnakan melalui Aplikasi eSPM. Tujuannya untuk memberikan kemudahan kepada satker,” ujarnya.

Menurut Yessy Aplikasi eSPM ini telah berhasil diuji cobakan sejak tanggal 16 April 2020. Bahkan secara bertahap setiap pengajuan SPM ke KPPN oleh satker sudah menggunakan Aplikasi eSPM. Ia berharap pada tanggal 27 April 2020 semua satker sudah running dan tidak dijumpai kendala yang berarti.

Halaman selanjutnya