Peringati Hari Kartini 2021, Sekti Anggraini : Jadilah Srikandi Adhyaksa yang Kuat Tapi Penuh Kelembutan

Sekti Anggraini, S.H., M.H.

Raden Ajeng Kartini atau lebih dikenal dengan sebutan R.A Kartini adalah seorang pahlawan nasional yang berjuang membela hak-hak kaum perempuan.

Pemikiran-pemikiran yang ia tuangkan dalam tulisan, banyak membahas soal perjuangan kaum wanita untuk memperoleh kebebasan, persamaan hukum dan pendidikan yang layak.

Baca juga :

Perjuangannya dalam “membebaskan” kaum perempuan Indonesia itu nyatanya tetap dikenang, tak terkecuali oleh Kabag TU Umum dan Pimpinan Kejaksaan Agung Republik Indonesia (Katup Kejagung RI), Sekti Anggraini, S.H., M.H.

“Pesan saya untuk kaum perempuan, khususnya bagi kaum perempuan yang bertugas di Korps Adhyaksa, jadi lah Srikandi Adhyaksa yang kuat tapi penuh kelembutan. Juga, selalu menjadi warna dimanapun ditugaskan.”

“Untuk itu, mari sama-sama berkarya dengan terampil dan kreatif, demi memajukan institusi tercinta,” kata Sekti pada peringatan Hari Kartini tanggal 21 April 2021.

Menurut Alumni Universitas Airlangga ini, menjadi seorang Jaksa tentu harus kuat menghadapi berbagai keadaan dan teguh pada prinsip. Namun harus tetap berpegang pada hati nurani sebagai perempuan. Yaitu, bijaksana dan mengayomi.

“Kekuatan tanpa kelembutan apa jadinya seorang aparat penegak hukum, karena hukum sifatnya melindungi. Saya juga yakin, walau pun setiap individu berbeda, pada hakikatnya setiap orang pasti punya prinsip hidup yang baik. Begitu juga dalam menjalankan tugas,” ucap Sekti.

Karena itu Kajari Belitung 2017-2019 itu menyakini, Srikandi-Srikandi Adhyaksa muda saat ini mampu melewati berbagai tantangan di masa depan.

“Saya yakin yunior-yunior sekarang lebih hebat dan cerdas. Namun, tetap lah menjadi pribadi yang baik. Terus belajar, terus semangat dan menjadi Skrikandi Adhyaksa yang membanggakan,” pesan perempuan yang memperoleh Siddhakarya Tahun 2018 itu. (iwan)