Peringati Hardiknas, Dindikbud Belitung : Sinergi dan Kolaborasi Jadi Kunci Sukses Pendidikan

Sutawijaya.

BELITUNG – Kepala Bidang Pembinaan SMP, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kabupaten Belitung, Sutawijaya Mengucapkan Selamat Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tanggal 2 Mei 2020.

Sutawijaya berharap Hardiknas ditengah musibah Covid-19 dapat membawa banyak hikmah dan kesadaran kapada kita semua.

Baca juga :

“Sebab kita melihat bagaimana peran sentral guru dan pembelajaran di sekolah dalam membangun karakter dan kecerdasan bangsa. Kami sadari pesan moral Ki Hadjar Dewantara, Bapak Pendidikan Nasional, belajar dapat berlangsung di mana saja, kapan saja dan dari siapa saja,” kata Suta, Sabtu (2/5/2020) malam.

Menurutnya, situasi darurat bencana Nasional non-alam Covid-19, juga seakan mengingatkan kita untuk selalu mendekatkan diri, dan mohon perlindungan-nya.

Karena itu diharapkan, masyarakat dapat memahami beratnya tugas pendidik dan pembelajaran oleh guru. Sebab, bagaimana tantangan yang dihadapi untuk terlaksananya pembelajaran secara efektif.

Sebab sejak tanggal 16 Maret 2020 hingga saat saat ini, siswa diharuskan untuk belajar dari rumah. Mereka diberikan tugas secara online melalui grup WA paguyuban kelasnya. Dengan kondisi ini, tentu saja peran orang tua sangat penting untuk mendampingi anaknya belajar dari rumah.

“Pendidikan akan sukses bila terjalin kerja sama, sinergi dan kolaborasi antara sekolah, siswa, orang tua, dan masyarakat. Harus disadari bersama, tanggungjawab pendidikan menjadi juga tanggungjawab bersama. Baik orang tua, guru, pemerintah dan masyarakat,” pungkas Kabid Pembinaan SMP Dindikbud Belitung ini. (iwan)