Peninggalan Belanda di Wisata Pantai Anyer

Anyer adalah nama kecamatan, di Kabupaten Serang, Provinsi Banten. Daerah ini, terkenal dengan keindahan panorama pantainya. Karenanya, tempat wisata yang terbentang di ujung barat Pulau Jawa tersebut, selalu ramai dikunjungi wisatawan nusantara maupun wisatawan mancanegara.

Namun, disamping memiliki keindahan alam, Pantai Anyer juga menyuguhi tempat wisata menarik lainnya. Salah satunya adalah Mercusuar, yang terletak di Kampung Bojong, Desa Cikoneng, Kecamatan Anyer, Serang-Banten.

Baca juga :

Bangunan dengan ketinggian 60 meter itu, merupakan saksi bisu zaman penjajahan kolonial Belanda. Keunikan, menara suar yang didominasi warna putih ini, karena didalamnya terdapat 20 lantai. Disamping itu, dilantai pertama hingga ketiga, terdapat gambar yang dilengkapi dengan penjelasannya. Juga, ada generator sebagai lampu utama.

Sementara, yang membuatnya menjadi tempat wisata pilihan, juga letaknya yang strategis. Berada di pesisir pantai, membuat bangunan bersejarah ini mudah dikunjungi banyak wisatawan.

Lebih dari itu, mereka juga diperkenankan merasakan sensasi anak tangga peninggalan kolonial Belanda tersebut. Walaupun hanya diperkenan sampai di lantai ke 18 saja. Karena, lantai 19 dan 20 adalah ruangan operator lampu suar.

Meski membutuhkan cukup banyak energi untuk mencapai ke atas mercusuar, namun rasa lelah itu pun terbayarkan. Sebab, wisatawan bisa menikmati pemandangan yang indah, sembari melihat kapal-kapal dari atas menara.

Halaman selanjutnya