Pemkab Belitung Komit Jaga Kebersihan

//Budi Swasta, Setiap Desa Punya Tema Masing-Masing
Budi Swasta Kariman
Budi Swasta Kartiman

BELITUNG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Belitung berkomitmen menjaga kebersihan negeri laskar pelangi. Sebab, kebersihan masuk program prioritas, di bawah kepemimpinan Sahani Saleh (Sanem)-Isyak Meirobie. Program itu adalah Program Lebah (laskar bersih dari sampah).

Alasan, Sanem-Isyak memasukkan program tersebut, karena Belitung adalah salah satu tempat destinasi wisata di tanah air.

“Pak Wabup berharap tanggal 1 Februari 2019 ini sudah bisa dilaunching. Bersamaan dengan Program Lebah,” ujar Kasi Pemdes DPPKBPMD Kabupaten Belitung, Budi Swasta Kartiman kepada dunieusaha.com, Minggu (20/1) siang.

Budi Swasta menjelaskan, pelaksanaan program tersebut kombinasi antara tingkat kabupaten dan desa. Disebut, gerakan barokah (bersih, asri, rapi dan bebas dari sampah). Oleh karenanya, kata Kasi Pemdes, Wabup, meminta para camat dan kades menindaklanjuti hasil rapat Jumat sore kemarin (18/1/2019).

“Termasuk dengan menyiapkan petugas kebersihan dan baju dengan logo lebah. Karena, masalah sampah ini, baik di desa dan kelurahan, khususnya di perkotaan merupakan masalah utama dan prioritas Pak Sanem dan pak Isyak Meirobie,” ucapnya.

Menurut Budi Swasta, alasan harus bersih dari sampah, karena Belitong sudah ditetapkan sebagai destinasi wisata Nasional. Teknis pelaksaannya, untuk desa yang di luar perkotaan, petugas laskar lebah menata pojok taman desa sebagai taman tematik.

“Temanya berbeda-beda, menyesuaikan potensi unggulan di setiap desa masing-masing. Ini, selain untuk menjaga kebersihan kampong. Saya berharap seluruh masyarakat Belitung menjadikan kebersihan sebagai kebutuhan pokok sehari hari. Sehingga, Belitung menjadi bersih dan asri sesuai program kabupaten,” harapnya. (iwan)