Pemkab Belitung Kerjasama dengan Air Asia Buka 3 Rute Penerbangan

//Isyak, Air Asia Sampaikan Komitmen akan Lakukan Penerbangan Bulan Juni Secara Serentak

BELITUNG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Belitung melakukan kerja sama dengan Maskapai Air Asia untuk penerbangan tiga rute ke Belitung. Kedua belah pihak sepakat dan menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) kerjasama tersebut di Ruang Rapat Bupati, Rabu (20/2) pagi.

Rute penerbangan yang akan dibuka, yaitu, Kuala Lumpur-Tanjungpandan, Jakarta-Tanjungpandan dan Surabaya-Tanjungpandan. Berdasarkan komitmen penerbangan akan dimulai Bulan Juni dan dilakukan melalui tiga rute secara serentak.

Baca juga :

Wakil Bupati (Wabup) Belitung Isyak Meirobie mengatakan, kerja sama ini menyikapi pertumbuhan pariwisata yang semakin menurun, di Belitung dan juga daerah lain di Indonesia. Untuk itu, ia berkoordinasi dengan Kementerian Pariwisata, diarahkan untuk mencari Low-cost carrier. Yaitu, penerbangan berbasis budget, yang lebih murah dan terjangkau secara ekonomi.

“Pilihannya jatuh pada air asia, dan saya melakukan kontak dengan Direktur Komersial Indonesia Air Asia Rifai Taberi. Komunikasi terjalin dan seizin Pak Bupati saya mengundang Air Asia untuk datang ke Belitung. Kemarin mereka datang, langsung kita perkenalkan dengan pelaku wisata,” kata Wabup Belitung kepada dunieusaha.com diruang kerjanya.

Menurut Politisi Partai NasDem itu, sehari sebelumnya, ia sudah mengumpulkan pelaku wisata untuk menyampaikan hal ini. Tujuannya, mendapatkan komitmen dan dukungan penuh dari pelaku wisata. Sehingga, pada tanggal 19 Februari, Bupati Belitung Sahani Saleh memimpin rapat dan ia turut mendampinginya. Termasuk Direktur Air Asia, Head of Government dari Air Asia Indonesia.

“Mereka mendengarkan komitmen dari pelaku dan industri wisata Belitung. Termasuk dari pemerintah daerah juga. Sehingga mereka menyampaikan akan melakukan penerbangan di Bulan Juni ini secara serentak. Yaitu, rute ke Kuala Lumpur-Tanjungpandan. Jakarta-Tanjungpandan dan Surabaya-Tanjungpandan. Ketiga rute tersebut langsung menggunakan rotasi pesawat yang sama. Untuk itu, ini sebuah momentum yang sangat baik buat Belitung. Karena bisa menumbuhkan pariwisata dengan basis ekonomi. Sebab harganya lebih terjangkau bagi wisatawan,” ujar Isyak.

Baca Halaman Selanjutnya…

Halaman selanjutnya