Pemkab Belitung Gelar Pertemuan Pertukaran Informasi Lada

//Isyak Meirobie : Pemerintah Berperan Aktif Mengawinkan, Petani, Ahli dan Pasar

BELITUNG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Belitung menggelar Pertemuan Pertukaran Informasi tentang Program dan Kebijakan Pemasaran dan Produksi Lada. Kegiatan diikuti Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Belitung, Pengusaha Lada, Petani Lada, dan stakeholder lainnya, di Hotel BW INN, Sabtu (23/2) siang.

Kegiatan dihadiri, Bupati Belitung Sahani Saleh dan Wakil Bupati (Wabup) Belitung Isyak Meirobie. Hadir pula, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Belitung Destika Effenly, Kepala DPPKBPMD Kabupaten Belitung Nurman Sunanda, BUMD Belitung Mandiri dan tamu undangan lainnya.

Baca juga :

Isyak Meirobie mengatakan, kegiatan ini merupakan tindaklanjut pertemuan antara Bupati Belitung dengan International Pepper Community. Yaitu, Komunitas Lada Internasional.

“Tindaklanjutnya mereka datang kesini membawa empat orang yang mempunyai kompetensi. Pertama, dari Spice Up, yaitu pembeli yang akan mendampingi petani dari sejak awal. Kedua PT Aman Jaya Perdana. Ketiga, Ahli Lada Kementerian Pertanian. Keempat, International Pepper Community,” kata Wabup Belitung kepada dunieusaha.com.

Isyak sapaan Wabup Belitung menjelaskan, selanjutnya Pemkab Belitung akan meminta mereka membantu petani dari pendampingan awal sampai akhir. Diantaranya, mendampingi petani meningkatkan kualitasnya, mengatasi penyakit dan masalah, kemudian harga jual.

“Nanti bulan depan kami akan perjanjian kerja sama. Sehingga, petani bisa menjual dengan harga lebih tinggi dari harga pasar sekarang. Cara kerjanya, kita ikat dulu di sini. Supaya mereka pendampingan dari awal. Sebab, orientasi selanjutnya ekspor,” ujar Politisi Partai NasDem itu.

Halaman selanjutnya