Pemkab Belitung Ambil Sumpah 266 PNS Baru

BELITUNG – Sebanyak 266 pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab Belitung) diambil sumpah/janjinya sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN).

Pengambilan sumpah/janji setia 139 orang tenaga guru, 85 orang tenaga medis, dan 42 orang tenaga teknis tersebut dipimpin langsung oleh Bupati Belitung H Sahani Saleh, di Gedung Serbaguna Pemkab Belitung, Kamis (19/3/2020) pagi.

Baca juga :

Kepala BKPSDM Kabupaten Belitung, Saprin mengatakan, ratusan PNS yang diambil sumpahnya tersebut merupakan peserta formasi tahun 2018 lalu. Setelah itu mereka baru diangkat sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2019.

“Mengapa pengambilan sumpah tersebut baru kita laksanakan, sebab Surat Keputusan (SK) pengangkatan sebagai PNS keluarnya terhitung mulai tanggal (TMT) 1 Maret 2020. Karena itu, pengambilan sumpah kawan-kawan PNS ini baru bisa kita laksanakan tadi pagi,” kata Saprin.

Ia menjelaskan, sebelum diangkat sebagai PNS atau selama masih berstatus sebagai CPNS, ratusan ASN yang baru diambil sumpah tersebut harus lebih dulu mengikuti diklat latihan dasar. Dan, pelaksanaan diklat tersebut telah dilakukan sejak Bulan Maret hingga Desember 2019.

“Jadi sebelum mereka menjadi PNS itu berkewajiban untuk mengikuti diklat latihan dasar. Kalau dulu istilahnya mengikuti diklat pra jabatan namanya. Alhamdulillah kita sudah melaksanakan tahapan itu semua. Sehingga masa pengangkatan mereka dari CPNS ke PNS waktunya pas satu tahun. Yaitu, dari Bulan Maret 2019 ke Bulan Maret 2020,” pungkasnya. (iwan)