Pekan Kedua Puasa, Kamar Hotel Golden Tulip Essential Belitung untuk Lebaran Sudah Terisi 50 Persen

Dodi Priyonardo

BELITUNG – Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1440H/2019M, tingkat hunian hotel wilayah Kabupaten Belitung sudah mulai bertambah. Baru pekan kedua puasa, rata-rata kamar Golden Tulip Essential Belitung Hotel sudah terisi sebesar 50 persen untuk tanggal 4-9 Juni 2019. Walaupun angka permintaan ini masih jauh dari harapan karena menurun dibandingkan tahun lalu, tetapi masih masuk kategori yang sangat baik.

General Manager Golden Tulip Essential Belitung Hotel, Dodi Priyonardo mengatakan, biasanya dua minggu sebelum lebaran kamar hotel sudah hampir terisi penuh. Namun, untuk tahun ini baru 50 persen yang sudah pasti. Sedangkan 10 persennya, belum terjadwal dengan pasti.

Baca juga :

“Memang untuk momen idul fitri tahun ini kita terjadi penurunan dibanding tahun lalu. Namun, saya optimis angka ini masih akan bertambah selama libur lebaran, dan kamar-kamar hotel bisa penuh 100 persen. Sebab, untuk tanggal 3 Juni saja kita masih ada beberapa yang kosong. Kamar-kamar kita, sudah terisi 72 persen,” ujarnya kepada dunieusaha.com, Jum’at (17/5) malam.

Dodi Priyonardo mengatakan, bukan tanpa sebab harapan kamar hotel bisa penuh 100 persen. Karena tidak semua yang mudik selalu nginap di rumah saudara dan lain sebagainya. Sebab, saat ini sudah mulai ada pergeseran untuk nginap di hotel. Sehingga waktu hari lebaran, bukan hanya untuk bersilaturahmi tetapi juga liburan.

“Momen ini yang akan kita maksimalkan sebagai pelaku perhotelan untuk mengisi kamar-kamar hotel yang masih kosong. Alasan mereka memilih nginap di hotel, mungkin momen lebaran penting juga untuk menjaga kenyamanan selama liburan,” katanya.

General Manager Golden Tulip Essential Belitung Hotel itu menjelaskan, harga sewa kamar khusus di Golden Tulip Essential Belitung Hotel untuk lebaran masih bersahabat. Harga dimulai Rp750Ribu hingga Rp1,9 Juta/perhari. Harga tersebut, sudah termasuk sarapan pagi dan pelayanan tambahan lainnya. Sementara, untuk makan siang dan makan diluar harga paket tersebut.

“Untuk ketupat lebaran jangan khawatir, kami pasti menyediakannya. Sebab, konsep kita tahun ini, sama seperti tahun lalu, dengan mengutamakan menu-menu lokal ditambah menu arabic. Makanan-makanan lebaran pasti akan tersedia di restoran hotel kami. Saya pastikan makanan tersebut pasti ada,” tandasnya. (iwan)