Pasis Sekkau Angkatan 105 Bentuk Tim Perumus Seminar Nasional Pemanfaatan EBT

//Guna Mendukung Pertahanan Negara pada Era Revolusi Industri 4.0

JAKARTA – Tim Perumus Seminar Nasional Pasis Sekkau Angkatan 105, sedang mempersiapkan naskah sementara Pemanfaatan Energi Baru dan Terbarukan (EBT) Guna Mendukung Pertahanan Negara pada Era Revolusi Industri 4.0.

Pembuatan Naskah Sementara oleh Pasis Sekkau Angkatan 105 ini, untuk mengatasi permasalahan Strategis TNI dalam beberapa dekade ke depan dengan menggandeng Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral.

Baca juga :

“Coba kebayang nggak kalau alutsista TNI bahan bakarnya tidak ada. Tentu dampaknya, pesawat-pesawat nggak bisa terbang, tank nggak bisa jalan, radar nggak bisa cover, dan lainnya. Sebab, No Fuel No Flight, No Fuel No Coverage, No Fuel No Supremacy,” kata Tim Perumus Seminar Nasional Pasis Sekkau Angkatan 105 Kapten Adm Rizky Fajrin kepada dunieusaha.com, Jum’at (12/4) siang.

Mantan Kadispers Lanud H AS Hanandjoeddin itu menerangkan, mungkin saat ini permasalahan energi belum terlalu dirasakan. Sehingga, sebagian kalangan menganggap Energi Baru dan Terbarukan ini, belum terlalu penting. Ia balik bertanya, siapa yang berani menjamin kecukupan energi Indonesia untuk masa mendatang.

“Oleh karena itu, kalau tidak kita pikirkan dari sekarang, mau kapan lagi. Apa kita mau menunggu energi fosil habis, baru mau memikirkannya. Atau, waktu kita sudah terlambat, baru mau memulai mengunakan Energi Baru dan Terbarukan ini,” tandas Kapten Fajrin. (rel)