Optimalisasi Penerimaan Pendapatan Pajak Daerah, BPPRD Teken MoU dengan Kejari Belitung

BELITUNG – Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) Kabupaten Belitung dengan Kejaksaan Negeri (Kejari) Belitung melakukan penandatanganan perjanjian kerjasama, di Ruang Rapat Pemerintah Kabupaten Belitung, Selasa (8/11/2020) pagi.

Memorandum of Understanding (MoU) Tentang Kerjasama Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara Dalam Rangka Optimasi Penerimaan Pendapatan Pajak Daerah tersebut ditandatangani langsung oleh Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Belitung, Ali Nurudin, SH, MH dan Kepala BPPRD, Iskandar Febro.

Baca juga :

Penandatangan itu juga disaksikan Bupati Belitung Sahani Saleh, Wakil Bupati Belitung Isyak Meirobie, Kasi Datun Kejari Belitung Wika Hawasara, SH dan Tim JPN Kejari Belitung.

Dalam sambutannya Ali Nurudin, SH, MH mengatakan, Kejari Belitung menyambut baik perjanjian kerjasama ini. Menurutnya kegiatan sebagai bentuk dukungan untuk mengoptimalisasikan peningkatan pajak daerah. Sehingga dapat mendorong pembangunan pada Kabupaten Belitung.

Sebab kerjasama yang telah dilakukan oleh Kejari Belitung di Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara, adalah bagian dari gerakan kepatuhan BERIPAT (Belitung Ramah Indah dan Patuh). Karena itu MoU juga dilakukan bersama PT PLN Area Belitung. PT Pelindo II Tanjungpandan. BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan Kabupaten Belitung. Serta, Kantor Pajak Pratama Tanjungpandan.

Tujuannya, yaitu dalam rangka mendorong masyarakat Belitung. Sehingga patuh membayar iuran maupun pajak di wilayah Belitung. Gerakan Beripat sudah dilaksanakan pada tahun 2018.

“Pelaksanaan gerakan kepatuhan Beripat tersebut telah mengoptimalkan kepatuhan pada BPJS Kesehatan. BPJS Ketenagakerjaan maupun PT PLN Area Belitung,” kata Ali Nurudin, SH, MH.

Kajari Belitung menjelaskan, pelaksanaan kerjasama di Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara tersebut meliputi bantuan hukum. Pendampingan hukum. Pertimbangan hukum. Penegakan hukum. Pelayanan hukum dan tindakan hukum lainnya.

Sehingga organisasi Pemerintah Daerah Kabupaten Belitung secara umum maupun Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah khususnya, dapat melakukan kerjasama untuk mendukung tugas dan fungsi masing-masing. Sehingga dapat meningkatkan dan mendorong percepatan pembangunan di Kabupaten Belitung.

“Kerjasama sama ini juga diharapkan dapat menunjang optimalisasi penerimaan pendapatan pajak daerah di Kabupaten Belitung,” pungkasnya. (rel)