Optimalisasi Kinerja, Imigrasi Tanjungpandan Hadirkan Berbagai Inovasi Baru untuk Masyarakat

BELITUNG – Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tanjungpandan terus melakukan upaya optimalisasi kinerja dalam hal pelayanan masyarakat. Berbagai perubahan dengan menghadirkan inovasi-inovasi baru pun dilakukan guna menggapai kinerja yang maksimal.

Diantaranya dengan menghadirkan Inovasi SIMPOR (Sistem Informasi Pelacakan Permohonan Paspor). Inovasi LASKAR PELANGI (Layanan Satu Kamar Penggantian Paspor Hilang, Rusak, Duplikasi Terintegrasi). Inovasi KEREMUNTING (Kertas Terjemahan Untuk Pemohon Asing) dan Inovasi BUJANG DAYANG.

Baca juga :

Inovasi

Selain itu, Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tanjungpandan telah menerapkan fasilitas Ramah HAM. Antara lain, dengan menyediakan parkir prioritas, jalur kursi roda, toilet khusus, tempat duduk prioritas, penyediaan kursi roda, ruang laktasi. Termasuk sarana pendukungnya seperti pojok baca, pojok charger, snack corner dan area bermain anak.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tanjungpandan, Dewanto Wisnu Raharjo menjelaskan, Inovasi SIMPOR terinspirasi dari nama tumbuhan lokal Belitung. Inovasi ini dapat digunakan pemohon untuk melacak proses permohonan paspor secara realtime. Sebab dapat diakses melalui website : tanjungpandan.imigrasi.go.id atau pemohon dapat men-scan langsung melalui QR Code pada lembar tanda terima.

Untuk Inovasi LASKAR PELANGI untuk memudahkan pemohon saat melakukan permohonan penggantian paspor. Baik karena hilang, rusak atau terduplikasi. Oleh karena itu, pemohon dilayani dihari yang sama dengan pengajuan permohonan dan ruang BAP terintegrasi dengan ruang pelayanan utama pelayanan keimigrasian.

Sedangkan, Inovasi KEREMUNTING memberikan kemudahan bagi WNA dalam pengurusan izin tinggal. Sebab penggunaannya terdapat tiga bahasa (Bahasa Inggris, Mandarin dan Arab) pada saat dilakukan pengambilan data biometrik.

Halaman selanjutnya