Museum Soeharto

Memorial Jendral Besar H M Soeharto.
Memorial Jendral Besar H M Soeharto.

Siapa sangka, Museum Soeharto yang baru diresmikan tahun 2013 lalu menjadi salah satu tempat tujuan wisata. Padahal, museum ini didirikan Adik Kandung Soeharto, di Kemusuk, Bantul, Yogyakarta, untuk mengenang jasa Jendral Besar H M Soeharto. Karena didalamnya terdapat arsip-arsip dan barang-barang perjuang mendiang Presiden RI tersebut.

Ketika anda masuk ke dalam museum ini, tidak dikenakan biaya sama sekali. Petugas hanya akan menyuruh mengisi buku tamu kunjungan. Setelah itu, pengunjung diperkenankan untuk berkeliling melihat museum Soeharto tersebut.

Baca juga :

Suasana Museum Memorial Jendral Besar H M Soeharto
Suasana Museum Memorial Jendral Besar H M Soeharto.

Di dalam musem itu, tersimpan banyak informasi. Arsip-arsip dan barang-barang perjuang mendiang Presiden RI tersebut sengaja di buka untuk umum. Ini sajian yang baik. Sebab bisa dijadikan sebagai bahan pelajaran maupun penelitian. Terutama bagi kalangan pelajar.

Fasilitas Museum

Museum ‘Pak Harto’ bisa dibilang museum yang teratur. Karena, menyediakan parkiran yang cukup luas. Paling tidak dapat menampung bus-bus besar. Efeknya, rombongan pengunjung yang datang tidak kesulitan mencari tempat parkir.

Selain parkiran, museum yang terletak di Kemusuk ini, juga terdapat joglo/pendopo. Biasanya, digunakan oleh pengunjung sebagai tempat untuk istirahat. Disana, pengunjung bisa sambil bersenda gurau bersama teman maupun keluarga dengan menikmati yang pemandangan indah.

Namun, bagi rombongan yang ingin datang berkunjung ke Museum ini. Sebaiknya membuat janji dengan pihak pengelola terlebih dahulu.

Penulis : Admin