Musdesus Sudah Selesai, Kades Air Batu Buding Akan Serahkan Daftar Calon Penerima BLT Besok

Isnanto.

BELITUNG – Pemerintah Desa (Pemdes) Air Batu Buding, Kecamatan Badau, Kabupaten Belitung telah melakukan pendataan nama-nama calon penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) tahun 2020 sebesar Rp.600 Ribu/perbulan, yang bersumber dari Dana Desa.

Kepala Desa (Kades) Air Batu Buding, Isnanto mengatakan, berdasarkan hasil Musyawarah Desa Khusus (Musdesus) tentang penetapan calon BLT, Kamis (30/4/2020) malam, terdapat 80 Kartu Keluarga (KK) yang akan menerima bantuan dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) tersebut.

Baca juga :

“Musdesus-nya sudah selesai malam jumat kemarin. Untuk jumlah calon penerima BLT di desa kami ada sekitar 80 KK,” kata Isnanto, Senin (4/5/2020) pagi.

Isnanto tak membantah bahwa jumlah anggaran BLT yang akan disalurkan pusat untuk setiap desa di Kabupaten Belitung tahun ini sekitar Rp.300 Juta. Namun menurutnya, anggaran sebesar itu tak mestinya dihabiskan. Sebab penggunaan anggaran harus sesuai dengan kebutuhan dan hasil kesepakatan Musdesus.

Ia juga menjelaskan, berdasarkan aturan, warga yang sudah mendapatkan bantuan dari program lain, seperti Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), Program Keluarga Harapan (PKH) atau Prakerja, tidak boleh lagi menerima bantuan yang sama dari pemerintah.

“Rata-rata di Kabupaten Belitung ini tidak sampai sekian (Rp.300 Juta) angarannya. Jadi itu lah yang akan kita laporkan sesuai berita acara kepada Pak Bupati, yaitu sebanyak 80 calon penerima BLT dengan total anggaran sekitar Rp.144 Juta. Insyallah, berita acara itu akan kami sampaikan besok (selasa),” bebernya.

Lantas untuk teknis penyaluran BLT tersebut, kata Kades Isnanto, setelah dilakukan verifikasi dari Camat. “Penyalurannya akan kami lakukan secara bertahap. Jadi perKK akan kami berikan sebesar Rp.600 Ribu setiap bulannya. Itu akan berlangsung selama tiga bulan. Sehingga totalnya Rp1,8 Juta/perKK,” pungkasnya. (iwan)