Meski Sudah Siap, Diskominfo Belitung Masih Menunggu Kepastian Jumlah Penerima Bansos

Sumber foto : Media Center Diskominfo Belitung

BELITUNG – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Belitung menyiapkan ribuan kartu penerima Bantuan Sosial (Bansos) untuk masyarakat yang terdaftar di seluruh kecamatan se Kabupaten Belitung.

Namun sebelum diserahkan ke masyarakat, kartu penerima Bansos tersebut bakal diserahkan lebih dulu kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Belitung.

Baca juga :

Kepala Diskominfo Kabupaten Belitung, Mohammad Iqbal mengatakan kartu tersebut nantinya akan dibagikan kepada para penerima bansos di seluruh kecamatan se Kabupaten Belitung. Pemberian Bansos untuk tiga bulan ke depan ini sesuai dengan Peraturan Bupati (Perbup) Belitung. Anggarannya bersumber dari dana APBD.

Iqbal juga menjelaskan mengenai jumlah Kepala Keluarga (KK) yang akan menerima penerima Bansos tersebut. Menurutnya untuk jumlah merujuk pada Peraturan Bupati Belitung yang sudah ditetapkan itu. Tetapi kemungkinan untuk jumlah dan penerima bisa saja mengalami perubahan. Karena ada beberapa penerima yang dianggap tidak layak menerima Bansos dari kabupaten ini.

“Tadi sore kita sudah mencetak kartu penerima Bansos, jumlah sesuai dengan yang tertera di Perbup yaitu 9.561 penerima. Tetapi ada kemungkinan jumlah ini akan direvisi. Sebab ada usulan dari sektor pertanian yang menyebutkan setelah diverifikasi mereka (ada yang) tidak layak menerima bansos,” terang Iqbal, Sabtu (16/5/2020), dikutip dari laman Media Center Diskominfo Belitung.

Lebih lanjut ia menjelaskan, untuk kepastian jumlah penerima Bansos ini masih menunggu Peraturan Bupati Belitung yang dikeluarkan Senin (18/5/2020) mendatang. Sebab bansos yang akan dibagikan berbentuk paket sembako senilai Rp250 ribu per KK.

Sebelumnya, Bupati Belitung juga telah menyalurkan secara simbolis bantuan yang berasal dari dana pemerintah pusat. Diantaranya Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari dana desa, BPBD maupun dari Kementerian Sosial. (iwan/rel)