Meriahkan HUT RI ke-74, Desa Badau Gelar Perlombaan Tingkat Desa

//Kades : Berbagai Perlombaan ini Bukan Sebagai Ajang Serimonial dan Administratif Belaka

BELITUNG – Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT RI) ke-74, Desa Badau, Kecamatan Badau menggelar berbagai perlombaan tingkat desa.

Perlombaan itu diantaranya, lomba karaoke, lomba kasti, lomba gaple, lomba mewarnai, lomba fashion show, lomba game online, lomba gerak jalan/rt, dan sepeda hias. Berdasarkan jadwal pelaksanaan, kegiatan digelar mulai tanggal 30 Juli hingga 14 Agustus 2019.

Baca juga :

Namun pada tanggal 17 Agustus tahun ini, yang merupakan hari puncak peringatan HUT RI ke-74 Desa Badau juga mengadakan perlombaan. Yaitu, lomba bakiak, lomba enggrang/jual, lomba gala/hadang, makan kerupuk, oper tepung. Selain itu, ada pula lomba mengisi air dalam botol, tarik tambang, panjat pinang, lari karung dan joget kursi secara gratis.

Kepala Desa (Kades) Badau, Hermawan mengatakan dari puluhan lomba tersebut sebagiannya sudah dilaksanakan. Misalnya, lomba mewarnai dan fashion show sudah dilakukan oleh anak-anak, paud dan tk.

Begitu pula dengan lomba kasti (umum/rt), gaple (umum), karaoke (umum/anak-anak) sudah dilakukan. Dan ada juga sedang berlangsung. Sedangkan yang belum terlaksana, pendaftaran bisa menghubungi langsung koordinator masing-masing lomba.

“Berbagai perlombaan ini bukan sebagai ajang serimonial dan administratif belaka. Namun, ada nilai-nilai yang memang harus ditanamkan untuk masyarakat. Sehingga, ke depan mereka termotivasi membangun desa. Yakni, dengan mengutamakan semangat kebersamaan dan gotong royong,” kata Kades kepada dunieusaha.com, Kamis (8/8) siang.

Oleh karena itu, Hermawan berharap momen HUT RI tahun ini dapat menjadi perubahan sosial untuk berbenah diri, khususnya bagi desa. Supaya tercipta kemandirian dan kesejahteraan di masyarakat. Namun, tetap dalam upaya dan bingkai pemberdayaan. Dan, harus sejalan dengan spirit gotong royong yang digaungkan pendahulu bangsa.

Halaman selanjutnya