Mengenal Istilah dan Manfaat Investasi

Investasi adalah suatu istilah dengan beberapa pengertian yang berhubungan dengan keuangan dan ekonomi. Secara umum, investasi merupakan penanaman aset atau dana yang dilakukan oleh sebuah perusahaan atau perorangan untuk jangka waktu tertentu demi memperoleh imbal balik yang lebih besar di masa depan.

Ada banyak hal yang terlibat dalam aktivitas ini, diantaranya modal dan tujuan dari investasi itu sendiri. Namun, bagi yang sudah lama melibatkan diri dalam dunia penanaman modal, baik lokal maupun internasional, istilah ‘berinvestasi’ bukanlah sesuatu yang asing. Sebaliknya, bagi pemula, penjelasan singkat dan jelas mengenai pengertian dasar dan cara berinvestasi sangatlah dibutuhkan.

Lantas apa pentingnya berinvestasi. Ada beberapa manfaat investasi yang perlu diketahui. Yakni, menciptakan sumber keuangan baru, mewujudkan tujuan keuangan, membiarkan uang untuk bekerja sendiri, mempersiapkan dana pensiun dan sifatnya jangka panjang.

Investasi bisa dilakukan diberbagai bidang. Tetapi dalam berinvestasi juga harus memahami risiko pada diri sendiri sebagai investor, dan bagai jenis investasi yang akan dilakukan tersebut. Sebab segala hal yang berhubungan dengan perputaran uang memang tidak akan terlepas dari faktor untung-rugi.

Oleh karena itu ketika memutuskan untuk berinventasi, banyak hal yang akan dilakukan dan dipersiapkan. Karena ada risiko yang akan ada banyak dilewati saat kita ingin menjalani investasi tersebut. (***)