Mengenal Istilah Bahasa Pemograman

Bahasa Pemrograman
Bahasa Pemograman

Bahasa pemograman, merupakan hal yang cukup familiar dikalangan IT. Karena, bahasa pemograman adalah kata atau instruksi yang dapat dipahami oleh komputer. Biasanya, pemberian sekumpulan instruksi hanya beberapa baris.

Namun, instruksi ini mengandung beberapa istilah. Tergantung bahasa apa yang akan digunakan. Pada dasarnya, setiap bahasa memiliki aturan sendiri. Tentu, tidak dapat disama ratakan. Karena, masing-masing bahasa memiliki keunikannya tersendiri.

Baca juga :

Tetapi, yang perlu diketahui dalam setiap bahasa pemograman, yaitu dasarnya. Sebab, ada tingkatannya. Mulai menggunakan bahasa tingkat rendah, menengah hingga tingkat tinggi. Walaupun pada akhirnya, sama-sama ingin memberikan instruksi pada komputer.

Bahasa tingkat rendah adalah bahasa yang mendekati bahasa mesin. Bahasa tersebut, bisa dikatakan sulit untuk dipahami. Sedangkan bahasa tingkat menengah, adalah bahasa yang hampir mendekati bahasa manusia. Sehingga, terkesan lebih mudah untuk dipahami.

Namun, beda halnya dengan bahasa tingkat tinggi. Bahasa ini paling mendekati dengan bahasa manusia. Oleh karenanya, bahasa ini cukup sering digunakan. Bahkan, bagi orang awam sekali pun, mungkin akan mudah memahaminya.

Namun tergantung, juga pada penggunanya. Bagi yang baru mengenal IT dan ingin belajar, bisa memilih salah satu bahasa tersebut.

Pasalnya, dari ketiga jenis bahasa itu, mempunyai kekurangan dan kelebihan masing-masing. Tetapi, pada dasarnya semua jenis bahasa mempunyai tujuan yang sama. Yaitu, memberikan instruksi kepada komputer.

Penulis : Admin.