Mengenal Istilah Aplikasi dan Kegunaannya

Istilah aplikasi kini sudah tak asing lagi bagi masyarakat. Aplikasi adalah program komputer yang beroperasi pada sistem. Aplikasi, diciptakan dan dikembangkan untuk melakukan perintah tertentu.

Meski istilah aplikasi sendiri diambil dari bahasa Inggris ‘application’ yang artinya penerapan atau penggunaan. Tetapi, di era digital seperti sekarang ini, aplikasi sudah menjadi kebutuhan sehari-hari.

Baca juga :

Bahkan dalam pengembangannya, aplikasi dikategorikan menjadi tiga kelompok. Diantaranya adalah, aplikasi desktop, aplikasi web dan aplikasi mobile. Aplikasi desktop, yaitu aplikasi yang hanya bisa dijalankan pada perangkat PC komputer atau laptop.

Sementara, aplikasi web adalah aplikasi yang dijalankan menggunakan komputer/handphone. Namun untuk menjalankannya harus melalui koneksi internet terlebih dahulu. Sedangkan aplikasi mobile, merupakan aplikasi yang dijalankan di perangkat mobile (handphone).

Oleh karena itu, aplikasi dapat dijalan diberbagai perangkat yang dioperasikan oleh operating system (OS). Sebab pada umumnya aplikasi dapat memenuhi kebutuhan user. Sehingga dapat berjalan di multi-platform dan merespon instruksi dengan cepat.

Tetapi perlu diketahui juga, bahwa keberadaan aplikasi di tengah-tengah masyarakat dapat memberikan kemudahan, kenyamanan dan efesiensi untuk menyelesaikan sebuah pekerjaan. Umumnya bagi pengguna (user) di Bidang Pendidikan, Kedokteran, Bisnis, Ilmu Pengetahuan, Militer dan lain sebagainya. (***)