Mengemas Seni Budaya Tradisi Menjadi Populer

Seni Budaya – Budaya adalah hasil kegiatan dan penciptaan akal budi manusia, seperti kepercayaan, kesenian, adat-istiadat. Kebudayaan daerah adalah kebudayaan yang hidup dalam suatu wilayah bagian dari suatu negara, yang merupakan daerah tempat tinggal suku bangsa tertentu (Kamus Besar Bahasa Indonesia).

Menurut Wikipedia, budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang, dan dimiliki bersama sekelompok orang/masyarakat, dan diwariskan dari generasi ke generasi.

Baca juga :

Budaya meliputi banyak komponen kehidupan, seperti baju adat, makanan khas, cerita rakyat (folklore), lagu daerah (folksong), bentuk bangunan, nilai estetika, hingga kearifan lokal dalam tingkah laku kehidupan masyarakat di suatu daerah.

Keterkaitan komponen-kompenen tersebut membentuk identitas pada masyarakat. Namun, yang membedakannya dengan masyarakat daerah lain, karena dibentuk dari pemikiran masyarakat itu sendiri. baik dari faktor internal, maupun dari pengaruh faktor eksternal yang sudah berlangsung secara turun-temurun.

Budaya merupakan faktor pengikat, citra atas identitas dan refleksi diri masyarakat suatu daerah. Dengan melestarikan budaya, kita juga menjaga identitas diri. Karena budaya mengajarkan tentang nilai estetika hingga nilai-nilai kearifan lokal dalam kehidupan bermasyarakat. Banyak hikmah dan pembelajaran hidup saat belajar dari budaya.

Besarnya peran kemajuan teknologi informasi harus digunakan secara tepat agar warisan budaya kita tidak hilang dan tetap lestari. Budaya yang berperan dalam memelihara, melestarikan, dan meneruskan nilai-nilai tradisi dan kearifan lokal, disebut budaya tradisional.

Halaman selanjutnya