Lapas Tanjungpandan Pindahkan 12 Napi ke Bangka

BELITUNG – Lapas Kelas IIB Tanjungpandan melakukan pemindahan terhadap 12 orang warga binaannya ke Lapas Pulau Bangka, Jum’at (5/3/2021). Pemindahan keduabelas narapidana (Napi) tersebut sebagai langkah deteksi dini terhadap gangguan keamanan dan keterbiban (Kamtib).

Pemindahan 12 orang narapidana itu ke Lapas Kelas IIA Pangkalpinang, Lapas Narkotika Kelas IIA Pangkalpinang dan Lapas Kelas IIB Sungailiat, mendapat pengawalan ketat dari Petugas Lapas dan Anggota Sat Shabara Polres Belitung.

Baca juga :

Namun sebelum diangkut menggunakan Kapal Ekspres Bahari, mereka lebih dulu melakukan pemeriksaan kesehatan dan Swab Anti Gen. Hasilnya, keduabelas napi tersebut dinyatakan sehat dan bisa dibawa menyebrang ke Pulau Bangka.

Kepala KPLP Lapas Kelas IIB Tanjungpandan, M.Jawad Ciryy menjelaskan rencana pemindahan Napi tersebut memang diskenariokan secara mendadak untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Setelah berkas register lengkap, mereka langsung dikeluarkan dari kamar masing-masing dan di bawa menuju pelabuhan dengan menggunakan Transpas dikawal Personil Polres Belitung.

Menurut Kepala KPLP Lapas Kelas IIB Tanjungpandan, diantara 12 Napi tersebut, dua diantaranya adalah yang sempat melarikan diri dari Lapas Kelas IIB Tanjungpandan. Selain itu, ada satu napi dengan vonis seumur hidup dan napi dengan kasus Narkoba.

Baca Halaman Selanjutnya…

Halaman Selanjutnya