Lapas Tanjungpandan Dapat Pencerahan Optimalisasi Pengelolaan Zakat dari Baznas Belitung

BELITUNG – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Tanjungpandan menerima kunjungan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Belitung, Jumat (31/1). Kedatangan Ketua Baznas Belitung, Drs. H. Suhardi Ishak, M.Si beserta rombongan, yang diterima langsung oleh Kalapas Kelas IIB Tanjungpandan, Romiwin Hutasoit, SH, dalam rangka memberikan Sosialisasi Optimalisasi Pengelolaan Zakat.

Didampingi Kasubag TU Hendra Kurniawan, S.AP, Kalapas Kelas IIB Tanjungpandan mengatakan sangat mendukung program ini. Oleh karena itu, ia mengajak Petugas Lapas Kelas IIB Tanjungpandan mengikuti sosialisasi tersebut.

Baca juga :

“Semoga dengan sosialisasi ini bisa membuka pikiran kita akan pentingnya Zakat. Sebab dalam Islam, berzakat bagian dari untuk mensucikan diri. Tentu banyak sekali pahalanya, disamping kita bisa meringankan beban orang-orang yang tidak mampu. Semoga hal ini dapat menciptakan hubungan kerjasama yang baik antar instansi kedepannya,” kata Romiwin Hutasoit, SH dalam sambutannya pada kegiatan Sosialisasi Optimalisasi Pengelolaan Zakat, di Aula Atas Lapas Kelas IIB Tanjungpandan.

Sementara itu, Ketua Baznas Kabupaten Belitung Drs. H. Suhardi Ishak, M.Si menjelaskan Optimalisasi Pengelolaan Zakat melalui Baznas ini merupakan instruksi Presiden RI Nomor 3 Tahun 2014 yang ditujukan kepada para Menteri, Jaksa Agung, Panglima TNI, Kapolri, pimpinan lembaga negara nonkementerian. Instruksi ini juga termasuk untuk para Gubernur dan Bupati/Walikota.

Menurut Drs. H. Suhardi Ishak, M.Si, Baznas merupakan Lembaga pemerintah nonstruktural yang bersifat mandiri dibentuk oleh pemerintah berdasarkan Keputusan Presiden RI No. 8 Tahun 2001. Dimana, memiliki tugas dan fungsi menghimpun dan menyalurkan zakat, infaq, dan sedekah (ZIS) pada tingkat Nasional.

“Pada dasarnya, Baznas mempunyai dua tugas pokok Yaitu, sebagai koordinator dan operator,” tandas Suhardi.

Dalam kegiatan ini juga diadakan sesi tanya jawab terkait penjelasan mengenai Zakat dan program yang telah dijalankan Baznas di tengah masyarakat yang dipandu oleh Ketua Bidang Pengumpulan dan Sosialisasi Baznas Kabupaten Belitung Amin Nasution.

Diakhir kegiatan, Baznas Kabupaten Belitung mengharapkan, dengan adanya sosialisasi ini para pegawai yang hadir dapat memahami tugas Baznas yang bersama Pemerintah bertanggung jawab untuk mengawal pengelolaan zakat yang berasaskan syariat Islam, amanah, kemanfaatan, keadilan, kepastian hukum, terintegrasi dan akuntabilitas. (rel/pas)