Lapas Tanjungpandan Perpanjang Program Asimilasi Rumah bagi WBP

//Sesuai Permenkumham Nomor 32 Tahun 2020
Romiwin Hutasoit, SH, MH

“Ketentuan ini dikecualikan bagi narapidana kasus Narkotika, prekursor narkotika dan psikotropika dengan pidana dibawah lima tahun yang tetap diberikan Asimilasi dan Integrasi sesuai Permenkumham Nomor 32 Tahun 2020,” ujarnya.

Endang menambahkan, sementara bagi narapidana yang melakukan pelanggaran terhadap syarat umum maupun syarat khusus untuk memperoleh Asimilasi, PB, CMB maupun CB, akan dicabut haknya dan diberikan sanksi sesuai dengan kategori pelanggaran berat, serta selama menjalani Asimilasi maupun Integrasi tidak dihitung menjalani pidana.

Baca juga :

Lantas terkait pengawasan dari pelaksanaan program Asimilasi ini, kata Endang, pihaknya selalu melaporkan secara berkala kepada Polres Belitung dan Balai Pemasyarakatan Pangkalpinang.

“Alhamdulillah, hingga Desember 2020 program berjalan sesuai dengan yang kita harapkan. Dari 129 yang menerima Asimilasi, hanya dua orang yang Gagal jika dipersentase bahkan tidak sampai 5 persen,” tandasnya.

Senada, Kalapas Kelas IIB Tanjungpandan, Romiwin Hutasoit, SH, MH menjelaskan, program Asimilasi dirumah merupakan kebijakan yang dikeluarkan oleh Pusat dan dijalankan oleh seluruh UPT Pemasyarakatan. Program ini sebagai upaya lanjutan dalam mencegah dan menanggulangi penyebaran Covid-19 di Lembaga Pemasyarakatan, Lembaga Pembinaan Khusus Anak dan Rumah Tahanan Negara.

“Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (telah) menerbitkan Permenkumham Nomor 32 Tahun 2020, artinya program ini terus kita laksanakan. Sebab kondisi Lapas yang Over kapasitas sangat mengkhawatirkan jika terjadi penularan virus Covid-19. Karena itu, kita melakukan penyemprotan disinfektan secara rutin,” ujarnya.

Romiwin mengatakan, sampai saat ini layanan kunjungan secara langsung masih ditutup. Kunjungan dari luar ke dalam Lapas memang sangat dibatasi.

“Terkait keresahan masyarakat dengan program (Asimilasi) ini, (diharapkan) agar masyarakat tidak termakan informasi dari sumber yang tidak jelas. Sebab sejak awal kami sudah berkoordinasi dengan Polres Belitung, kita laporkan secara rutin pelaksanaan program Asimilasi ini. Kita sangat mendukung kebijakan ini. Dan saya, sudah perintahkan jajaran segera lakukan pendataan,” pungkasnya (iwan/pas).

Halaman Sebelumnya