Lanud H AS Hanandjoeddin Gelar Lomba dan Pameran Burung Berkicau 2019

BELITUNG – Pangkalan TNI AU H AS Hanandjoeddin menggelar Lomba dan Pameran Burung Berkicau Danlanud Cup I 2019. Lomba dan Pameran digelar, di Lapangan Lanud H AS Hanandjoeddin, Minggu (17/2) pagi. Kelas yang dipertandingkan pada perlombaan ini adalah Sukhoi, F-16, Hercules dan Boeing.

“Saya menyambut baik dengan adanya kegiatan seperti ini, dengan maksud dan tujuan kegiatan ini adalah menjalin silaturahmi antara komunitas dan penggemar kicau burung dengan Lanud H AS Hanandjoeddin di wilayah Pulau Belitung. Untuk itu, kita sama-sama melestarikan keberadaan burung kicau,” kata Danlanud H AS Hanandjoeddin Letkol Pnb Akal Juang.

Baca juga :

Menurut Letkol Pnb Akal Juang, Lomba Burung Berkicau, bisa juga disebut Lomba Seni Suara Burung. Sebab, yang menjadi penilaian paling utama adalah kualitas berkicaunya (irama lagu) burung. Disitu, ada tiga kriteria dasar penilaian yang sudah disepakati bersama. Yaitu, irama dan lagu. Volume dan suara. Fisik dan gaya.

“Perlombaan kali ini mungkin sedikit spesial. Karena untuk kelas-kelas yang dilombakan saya menggunakan jenis-jenis pesawat yang dimiliki oleh TNI AU. Karena kita Lanud H AS Hanandjoeddin sebagai pelaksana penyelenggara,” ujarnya.

Lulusan AAU 1998 itu mengatakan, Indonesia memiliki ekosistem yang mendukung untuk perkembangan burung. Sebab, terdapat banyak macam burung berkicau, keunikannya membuat banyak masyarakat memilih untuk memelihara burung tersebut. Oleh karena itu, melalui lomba burung ini diharapkan menjadi salah satu cara populasi dan budidaya. Agar burung tersebut tetap ada.

“Seperti yang kita semua ketahui bersama, acara perlombaan burung kicau, sudah tidak asing lagi di telinga kita, apalagi di Tanjungpandan, Belitung. Sebab, sudah cukup sering sekali diselenggarakan kegiatan seperti ini,” kata Komandan Lanud H AS Hanandjoeddin. (rel)