Lagi, Pesawat Tempur TNI AU Gegerkan Warga

BELITUNG – Lagi, pesawat tempur hawk milik TNI AU gegerkan masyarakat Pulau Belitung, Kamis (13/12) pagi. Pasalnya, dua pesawat tempur hawk 200, dengan nomor registrasi TT-0222 dan TT-0230, melakukan manuver terbang rendah di atas udara Negeri Laskar Pelangi.

Pesawat tersebut, datang dari Skadron Udara 1 Lanud Supadio Pontianak. Sesuai rencana, ada tiga lokasi yang akan dijelajahi oleh mereka. Yaitu, di atas langit Pulau Lengkuas, Kota Belitung dan Manggar. Misi berjalan dengan sempurna, walaupun kondisi cuaca saat itu, tak terlalu cerah.

Baca juga :

Pesawat Hawk TNI AU menjelajahi Pulau Lengkuas.

Pesawat tempur TNI AU tersebut, datang dari Skadron Udara 1 Lanud Supadio Pontianak. Sesuai rencana, ada tiga lokasi yang akan dijelajahi oleh mereka. Yaitu, di atas langit Pulau Lengkuas, Kota Belitung dan Manggar. Misi berjalan dengan sempurna, walaupun kondisi cuaca saat itu, tak terlalu cerah.

“Betul, pesawat tersebut sedang melaksanakan misi terbang jelajah. Mereka, take off dari pontianak. Kemudian ke wilayah Lanud H AS Hanandjoeddin (Belitung dan Belitung Timur),” kata Kadisops Lanud H AS Hanandjoeddin, Mayor Lek Eka Arbiter Thanamar dalam keterangan realesenya.

Setelah itu, sambung Mayor Lek Eka Arbiter T, pesawat tempur hawk 200 bernomor TT-0222 dan TT-0230 kembali ke Lanud Supadio Pontianak.

Sementara itu, Joko, salah seorang warga Belitung, mengaku senang melihat keberadaan dua pesawat tersebut. Katanya, momen ini jarang terjadi. Oleh karena itu, ia enggan melewatkan penerbangan pesawat tempur yang diterbangi Pilot TNI AU, Mayor Pnb Amry dan Kapten Pnb Higha.

“Mudah-mudahan ke depan pesawat ini sering-sering melintas di sini. Bila perlu mereka landing di Bandara (H AS Hanandjoeddin). Sehingga, kami dapat melihat dan berfoto langsung didekat pesawat tersebut,” harapnya. (rel/penASH)