Kunjungan RSUD Belitung Diprediksi Meningkat

//Direktur RSUD Himbau Masyarakat Supaya Lebih Menjaga Pola Hidup Sehat

BELITUNG – Jumlah kunjungan pasien RSUD dr H Marsidi Judono Kabupaten Belitung tahun 2019 diprediksi meningkat dari tahun lalu. Meski demikian, angka tidak terlalu signifikan. Sebab angka kunjungan pasien pasien rawat jalan rata-rata masih berkisar 6.000-7.000 pengunjung setiap bulannya. Sementara pasien rawat inap sekitar 3.000-4.000 pasien/bulan dengan lama rawat rata-rata selama tiga hari.

“Kalau dibandingkan dengan tahun lalu angka kunjungan ini memang ada kenaikan. Tetapi angkanya tidak terlalu signifikan. Perkiraan kami kenaikan tersebut paling tinggi hanya sekitar lima persen,” kata dr. Hendra, SpAn kepada dunieusaha.com, Selasa (12/11) pagi.

Baca juga :

Direktur RSUD dr H Marsidi Judono Kabupaten Belitung menjelaskan, peningkatan jumlah kunjungan tersebut disebab oleh banyak faktor. Diantaranya adalah sarana dan prasarana semakin lengkap. Sudah terakreditasi. Kualitas pelayanan yang semakin meningkat. Terdapat penambahan dokter spesialis dan lain sebagainya.

dr. Hendra, SpAn menambahkan, faktor lain yang menyebabkan peningkatan jumlah kunjungan bisa saja karena keinginan masyarakat itu sendiri. Misalnya pasien tersebut sudah merasa cocok dengan dokter-dokter yang ada di RSUD milik Pemkab Belitung ini.

“Jadi sangat bervariasi penyebabnya. Disamping memang ada dinamika lain, seperti faktor iklim misalnya. Sebab, pasien tertinggi rawat inap tahun kemarin adalah yang terkena penyakit viral infeksi dan diare. Dan itu disebabkan oleh faktor cuaca,” ujarnya.

Oleh karena itu, dr. Hendra, SpAn menghimbau masyarakat supaya lebih menjaga pola hidup sehat. Sebab, pencegahan bukan hanya tanggungjawab pihak kesehatan, namun juga menjadi tanggungjawab bersama. Karena hidup sehat bukan hanya bicara mengonsumsi makanan bergizi, olahraga secara rutin, dan istirahat yang cukup. Tetapi ada yang lebih penting, yaitu jangan lupa mencuci tangan sebelum makan.

“Mengapa mencuci tangan itu penting, sebab penyakit itu bisa datang dari hal-hal yang kecil. Misalkan hal-hal yang seperti ini tidak kita perhatikan dengan baik, tentu akan merugikan diri sendiri. Karena penyebab diare itu bisa menyerang kita mulai dari hal yang kecil semacam ini,” pungkasnya. (iwan)