KPPN Tanjungpandan Sudah Salurkan Dana Desa Tahap I 2020 untuk Pulau Belitung, ini Total Besarannya

Yessy Silvia Maharini.

BELITUNG – Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Tanjungpandan telah menyalurkan seluruh Dana Desa tahap I Tahun Anggaran 2020 untuk 42 Desa di Kabupaten Belitung dan 39 Desa di Kabupaten Belitung Timur, terhitung pada tanggal 23 Maret 2020. Hal ini disampaikan Kepala KPPN Tanjungpandan, Yessy Silvia Maharini melalui keterangan realesenya.

Yessy Silvia Maharini mengatakan, penyaluran seluruh Dana Desa Tahap I telah dilakukan. Untuk seluruh desa di Kabupaten Belitung penyalurannya sebesar Rp.19.213.698.800. Sedangkan untuk seluruh desa di Kabupaten Belitung Timur berjumlah Rp18.048.228.000,-.

Baca juga :

Penyaluran Dana Desa tersebut sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 205/PMK.07/2019 tentang Pengelolaan Dana Desa. Mekanisme penyaluran, yaitu dari Rekening Kas Umum Negara (RKUN) ke Rekening Kas Umum Daerah (RKUD). Selanjutnya baru disaluran dari RKUD ke Rekening Kas Desa (RKD) dalam tanggal dan waktu yang sama.

“Tuntasnya penyaluran Dana Desa Tahap I sebesar Rp37.261.926.800 ini seiring dengan hari pertama pelaksanaan tugas sebagai Kepala KPPN Tanjungpandan yang baru,” kata Yessi Silvia Maharini, Kamis (26/3/2020) malam.

Yessi yang sebelumnya adalah Kepala KPPN Muko Muko di Provinsi Bengkulu menjelaskan, perubahan mekanisme penyaluran dana desa yang disalurkan langsung ke RKD melalui RKUD pada hari dan tanggal yang sama, diharapkan agar Dana Desa tersebut diterima lebih cepat oleh desa. Serta tidak lagi terjadi idle cash Dana Desa di RKUD.

“Selain itu, perbedaan penyaluran Dana Desa Tahun Anggaran 2020, yaitu pada porsi prosentasi yang sekarang menjadi 40:40:20. Perubahan ini diharapkan supaya dapat membantu desa-desa bergerak lebih mudah dan cepat untuk mewujudkan program-program pembangunannya. Serta, mampu meningkatkan kemajuan desa,” ucapnya.

Halaman selanjutnya