KPPN Tanjungpandan Salurkan Dana Desa Tahap II untuk BLT

Yessy Silvia Maharini.

BELITUNG – KPPN Tanjungpandan telah menyalurkan Dana Desa tahap II secara bulanan ke rekening kas desa masing-masing, yang diperuntukan untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa.

Penyaluran Dana Desa tahap II disalurkan melalui tiga fase secara bulanan. Yaitu dengan perhitungan fase pertama sebesar 15 persen. Fase kedua sebesar 15 persen dan fase ketika sebesar persen 10 persen. Anggaran dari pagu Dana Desa Tahun 2020 sudah mulai disalurkan pada Hari Rabu tanggal 20 Mei 2020.

Baca juga :

Kepala KPPN Tanjungpandan, Yessy Silvia Maharini menyampaikan Dana Desa Tahap II fase I telah disalurkan sebesar Rp3,37 Milyar untuk 20 desa di Kabupaten Belitung dan Rp 6,7 Milyar untuk seluruh desa (39 desa) di Kabupaten Belitung Timur.

“Sementara dari keseluruhan 42 desa yang ada di Kabupaten Belitung, terdapat 22 Desa yang telah membayarkan BLT Dana Desa menggunakan Dana Desa Tahap I (tahap sebelumnya),” kata Yessy melalui keterangan realesenya.


Ia menegaskan, bahwa KPPN Tanjungpandan bergerak cepat sesuai arahan Presiden dan Menteri Keuangan untuk segera melakukan penyaluran BLT Dana Desa dengan berpedoman pada Peraturan Menteri Keuangan Nomor 50/PMK.07/2020 tentang Perubahan Kedua PMK Nomor 205/PMK.07/2019 tentang Pengelolaan Dana Desa.

“Semoga penyaluran BLT Dana Desa yang dibayarkan sebesar Rp600 Ribu untuk bulan pertama sampai dengan bulan ketiga per keluarga penerima manfaat dan Rp300 ribu untuk bulan keempat sampai dengan bulan keenam per keluarga penerima manfaat ini, dapat meningkatkan perekonomian masyarakat desa di Pulau Belitung yang terdampak pandemi Covid-19,” pungkasnya. (Iwan/NMOK)