Komandan Lanud Hanandjoeddin Pimpin Upacara Hari Lahir Pancasila

Letkol Pnb Akal Juang

BELITUNG – Komandan Lanud H AS Hanandjoeddin, Letkol Pnb Akal Juang memimpin upacara peringatan Hari Lahir Pancasila tanggal 1 Juni 2019, di Lapangan Mako Lanud ASH, Sabtu (1/6) pagi. Upacara ini tak hanya diikuti jajaran internalnya, namun juga gabungan PNS KPPN Tanjungpandan.

Letkol Pnb Akal Juang mengatakan, Pancasila sebagai dasar Negara, ideologi negara dan pandangan hidup bangsa yang digali oleh para ‘pendiri bangsa’ merupakan suatu anugerah yang tiada tara dari Tuhan Yang Maha Esa buat bangsa Indonesia.

Baca juga :

“Walaupun kita sebagai bangsa masih belum secara sempurna, berhasil merealisasikan nilai-nilai Pancasila, Kita akui bahwa eksistensi ke-Indonesiaan, baik sebagai bangsa maupun sebagai Negara masih dapat bertahan hingga kini berkat Pancasila,” kata Komandan Lanud Hanandjoeddin saat membacakan sambutan Plt. Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia Hariyono.

Karena itu, sambung Penerbang Pesawat Intai TNI AU ini, Pancasila sebagai suatu keyakinan dan pendirian yang asasi harus terus diperjuangkan. Keberagaman kondisi geografis, flora, fauna hingga aspek antropologis dan sosiologis masyarakat hanya dapat dirajut dalam bingkai kebangsaan yang inklusif.

“Proses internalisasi sekaligus pengamalan nilai-nilai Pancasila harus dilakukan dan diperjuangkan secara terus menerus. Pancasila harus tertanam dalam hati yang suci dan diamalkan dalam kehidupan hari-hari,” pesan Lulusan AAU 1998 ini. (PEN_ASH)