KNPI Belitung Bakal Adakan Gebyar Pemuda

//Untuk Membentengi Pengaruh Budaya Asing
KNPI Belitung

BELITUNG – DPD KNPI Kabupaten Belitung akan menggelar Gebyar Pemuda Bulan Februari mendatang. Kegiatan tersebut, merupakan Program Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) yang bekerja sama dengan KNPI Kabupaten Belitung.

“Kegiatan gebyar pemuda sebenarnya setiap tahun kita adakan. Insyaallah tahun ini, Bulan Februari atau Maret sudah terlaksana. Sebab, dalam waktu dekat akan dirapatkan kembali,” kata Ketua DPD KNPI Kabupaten Belitung Maulis Stopano, Senin (14/1) pagi.

Topan sapaan Maulis menjelaskan, kegiatan gebyar pemuda bertujuan untuk memberikan ruang kepada pemuda. Supaya, putra dan putri daerah dapat berkreasi dan berprestasi di bidang seni dan budaya.

“Oleh karenanya, pada pagelaran nanti akan ada tari-tarian, seni bermain musik, puisi, serta beberapa hasil kreativitas pemuda lainnya. Dan itu, akan kita tampil secara terbuka di Kawasan KV senang nanti,” ujarnya.

Topan berharap, agar Pemuda Belitung selalu menginovasi diri, menggali potensi diri sendiri dan tanggap terhadap peluang. Salah satunya, melalui kreasi seni budaya. Sebab, tantangan ke depan akan menghadapi tantangan globalisasi.

“Ini juga bagian upaya untuk membentengi dari pengaruh budaya asing yang masuk ke tempat kita. Untuk itu, kearifan budaya lokal harus tetap di bangun dan dilestarikan, sebagai cerminan khas budaya daerah,” tandas Ketua DPD KNPI Belitung ini.

Topan menambahkan, disamping itu, seni budaya merupakan salah satu potensi pariwisata. Dan bisa dikenalkan kepada dunia luar. Oleh karenanya, di titik ini pemuda harus mengambil peran. “Tentunya, pemuda harus berperan dalam membangun daerah,” tutup Topan. (rel)