Kemenpar Sebut Selat Nasik Miliki Potensi Wisata yang Besar

BELITUNG – Kepala Sub Bidang Kemitraan Usaha Masyarakat, Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Rulyta Masruri Rachmaesa menyatakan, Wilayah Kecamatan Selat Nasik memiliki potensi wisata yang besar. Karena, Pulau Mendanau memiliki sumber daya alam (SDA), seperti hutan mangrove petaling yang dinilai luar biasa.

“Hal tersebut, merupakan suatu anugerah terindah dari Allah SWT. Bagaimana mungkin kita bisa membuat hutan mangrove seperti itu dalam waktu singkat. Jangan lama-lama, dua tahun misalnya. Secara akal sehat pasti mungkin bisa,” kata Rachmaesa, sapaan Rulyta Masruri Rachmaesa, usai acara peningkatan kapasitas usaha masyarakat bidang pariwisata, di KSPN Kecamatan Selat Nasik, Kabupaten Belitung.

Baca juga :

Rachmaesa menjelaskan, pilihan pada kecamatan Selat Nasik adalah rekomendasi dari Dinas Pariwisata Kabupaten Belitung. Sebelumnya ia berkoordinasi, desa mana yang memiliki potensi dan bisa aktif serta mau berkembang untuk kemajuan Desa Wisata.

“Akhirnya diinfokan Selat Nasik ini lah yang belum pernah diadakan pelatihan. Dan masyarakatnya, cukup aktif untuk bisa berkembang lebih maju lagi. Didukung pula oleh potensi sumber daya yang ada,” ujarnya.

Menurut Rachmaesa, potensi yang dimiliki Selat Nasik sangat besar. Misalnya homestay, sudah berjalan cukup bagus. Hanya saja, karena belum pernah menerima sosialisasi bagaimana standar homestay yang baik.

“Bagi kami, ini sudah cukup baik untuk memulai. Termasuk homestay di Desa Petaling, Selat Nasik dan Suak Gual. Namun, masih perlu dikembangkan lagi. Dan kami, akan tetap mencoba mendampingi untuk pengembangan homestay tersebut,” ujarnya.

Halaman selanjutnya