Kejari Belitung Ikuti Gelar Sidang Pidana Secara Online

BELITUNG – Mulai hari ini, Kamis (26/3/2020), Jaksa Penuntut Umum Kejaksaan Negeri (Kejari) Belitung mengikuti persidangan secara online, yang diterapkan Pengadilan Negeri Tanjungpandan.

Persidangan secara online melalui video conference ini diikuti Jaksa Kejari Belitung sebagai upaya pencegahan penyebaran virus corona (Covid-19).

Baca juga :

Kajari Belitung, Ali Nurudin, SH, MH mengatakan, proses persidangan secara online hari ini merupakan yang pertama kalinya untuk perkara pidana. Pelaksanaan online ini terlaksana berkat kerjasama antara Kejari Belitung, Pengadilan Negeri Tanjungpandan dan Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Tanjungpandan.

“Proses persidangan secara online ini akan terus berlanjut sampai kondisi kembali normal, atau sampai dinyatakan steril dari virus Covid-19,” kata Ali Nurudin, SH, MH.

Kajari Belitung menjelaskan, yang berbeda dari proses persidangan secara online ini semua pihak tidak hadir di ruang sidang secara langsung. Karena persidangannya melalui jarak jauh dan berkomunikasi melalui video conference tersebut.

“Kecuali pemeriksaan saksi-saksi tetap dilaksanakan di pengadilan, dengan dihadiri terdakwa,” tegas Ali Nurudin, SH, MH. (***)