Kasus Positif Covid-19 di Belitung Bertambah Satu Lagi

Kunjungan

BELITUNG – Jumlah pasien positif yang terjangkit virus corona (Covid-19) di Kabupaten Belitung bertambah satu orang lagi. Pasien positif kedua di Belitung dan pasien positif keempat di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung tersebut, awalnya adalah pasien ODP dengan hasil rapid test positif, yang merupakan local transmission pertama di Pulau Belitung dari cluster pasien pertama di Babel, yaitu 034 Positif Covid-19.

Hal ini disampaikan Direktur RSUD H Marsidi Judono, dr Hendra, SpAn melalui keterangan realesenya, Sabtu (11/4/2020) malam, menanggapi terkait beredarnya beberapa pemberitaan mengenai hasil pengumuman dari pusat Krisis Kementerian Kesehatan RI oleh Ketua Sekretariat Pusat Komando Pengendalian dan Operasional (Puskodalops) Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Bangka Belitung, Mikron Antariksa di beberapa media online.

Baca juga :

“Memang benar bahwa pada sabtu sore keluar pengumuman oleh pusat krisis kementerian kesehatan. Bahwa kabupaten Belitung bertambah 1 pasien Positif Covid-19, pasien 211/Laki-Laki/34 tahun/ODP, yang merupakan pasien positif ke-2 di Belitung dan pasien positif ke-4 di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung,” kata dr Hendra, SpAn, yang juga merupakan Gugus tugas Covid-19 Kabupaten Belitung.

Menurutnya, pasien tersebut awalnya adalah pasien ODP dengan hasil Rapid test positif, yang merupakan local transmission pertama di Pulau Belitung dari cluster pasien pertama di Babel, yaitu 034 Positif Covid-19.

Karena itu, pihaknya malam ini langsung mengkonfirmasi Puslitbangkes Biomedis dan Tehnologi Dasar Kesehatan Kementerian Kesehatan, Jakarta. Dan membenarkan bahwa pasien 211 laki-laki 34 tahun positif covid pada pemeriksaan swab 1 dan negatif pada pemeriksaan swab 2.

“Ini artinya saat pengambilan sampel swab tenggorokan pasien 211 yang diambil tanggal 5 April 2020 (swab 1) dan 6 April 2020 (swab 2) kondisi pasien sudah dalam proses penyembuhan. Dan terbukti sampai saat ini kondisi pasien 211 positif covid-19 tidak menunjukkan gejala apapun, sehat walafiat dan sekarang sedang dalam pengawasan di Ruang Isolasi RSMJ,” tegasnya.

Halaman selanjutnya