Kapolri Resmikan Status Polda Banten Jadi Tipe A

SERANG – Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Tito Karnavian resmi meningkatkan status Polda Banten dari Tipe B ke Tipe A di Mapolda Banten, Kamis (6/12).

Dilansir dari patron.id (grup dunieusaha.com), setibanya di Mapolda Banten pukul 09.00 WIB, Kapolri Jenderal Tito Karnavian menjadi inspektur upacara peresmian peningkatan tipe Polda Banten dari Polda tipe B menjadi Polda tipe A.

Dalam sambutannya, Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengungkapkan perjalanan kenaikan Polda Banten menjadi tipe A sangat panjang, mulai dari berawal berdirinya Polisi Wilayah (Polwil) Banten yang berada di bawah naungan Polda Jawa Barat sampai menjadi Polda Banten.

“Setelah berkembang menjadi Provinsi Banten, naik menjadi Polda tipe C yang dipimpin oleh Kombespol, kemudian dalam perjalanannya naik menjadi tipe B dan sekarang menjadi tipe A,” kata Tito.

Ia menjelaskan, Provinsi Banten merupakan salah satu daerah yang sangat unik. Sebab menurutnya, dari delapan kota/ kabupaten, dua polres di antaranya masuk ke Polda Metro Jaya. Yakni Polres Kota Tangerang dan Polres Kota Tangerang Selatan.

“Sewaktu saya jadi Kapolri, saya didesak agar dua polres itu masuk ke Polda Banten, tapi nunggu Kapolda Banten bintang dua dulu, perkuat dulu di sini, baru nanti kita pikirkan dua wilayah itu, kalau sudah kuat, baru kita serahkan ke Polda Banten,” jelasnya.

Ia juga berharap, dengan kenaikan tipe A tersebut, jajaran Kepolisian Daerah Banten bisa memberikan pelayanan secara maksimal kepada masyarakat Banten.

“Saya ingin kenaikan ini menjadi hal yang menyenangkan bagi masyarakat. Artinya Polda Banten bisa memberikan pelayanan kepada masyarakat. Agar wilayah Banten ini lebih aman, lebih damai dan lebih tertib,” pungkasnya.

Turut hadir Kapolda Banten Brigjen Pol Tomsi Tohir dan PJU Polda Banten. Gubernur Banten Wahidin Halim. Ketua DPRD Provinsi Banten Asep Rahmatullah Abuya Muhtadi serta para tokoh agama dan tokoh masyarakat Banten lainnya.(red/Imam)