Kantor Pertanahan & Kejaksaan Negeri Belitung Tandatangani Perjanjian Kerjasama Dibidang ATR

BELITUNG – Kantor Pertanahan Kabupaten Belitung dengan Kejaksaan Negeri Belitung melakukan penandatangan perjanjian kerjasama tentang Koordinasi dan Kerjasama Pelaksanaan Tugas dan Fungsi Dalam Rangka Penegakan Hukum dan Pemulihan Aset di Bidang Agraria/Petanahan dan Tata Ruang (ATR).

Perjanjian kerjasama tersebut ditandatangani langsung oleh Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Belitung, Adi Wibowo, SH dan Kepala Kejaksaan Negeri Belitung, Ali Nurudin, SH, MH, di Kantor Pertanahan Kabupaten Belitung, Kamis (13/2) pagi.

Baca juga :

Ali Nurudin, SH, MH mengatakan, perjanjian kerjasama ini merupakan tindaklanjut. Sebab, sebagaimana yang diketahui, sebelumnya telah dilakukan penandatanganan nota kesepakatan antara Kementeran Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional dengan Kejaksaan Republik Indonesia Tanggal 21 Januari 2020.

Kemudian nota kesepakatan tersebut, juga ditindaklanjuti penandatanganan perjanjian kerjasama antara Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasionnal Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dengan Kejaksaan Tinggi Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada tanggal 27 Januari 2020.

“Perjanjian kerjasama ini dalam rangka mendukung pelaksanaan tugas dan fungsi Kantor Pertanahan Kabupaten Belitung yang memiliki peran penting untuk melakukan kebijakan. Baik dalam rangka pengaturan, penataan maupun pengendalian pertanahan, serta juga dalam hal penanganan sengketa dan perkara pertanahan,” kata Kajari Belitung, Kamis (13/2) pagi.

Oleh karena itu, sambung Ali Nurudin, SH, MH, Kejaksaan Negeri Belitung melalui Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara siap mendukung dengan kewenangan yang dimiliki oleh Kejaksaan. Kewenangan ini sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2004 Tentang Kejaksaan RI.

Halaman selanjutnya